Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Terpanjang di Indonesia Mulai Pematokan

FOTO:ISTIMEWA

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA– Jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau disingkat GeTaCi akan melintasi dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tol ini akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Di Provinsi Jawa Barat, jalan tol itu akan terbentang sepanjang 171,40 km. Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah panjangnya 35,25 km. Jika ditotal, panjang Tol GeTaCi mencapai 206,65 km.

Mengutip laman instagram Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT PUPR), proyek pembangunan jalan tol ini pun merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional seperti tercantum dalam Peraturan Prresiden nomor 109 tahun 2020.

Progres saat ini sudah penetapan lokasi (penlok) wilayah Jawa Barat, dan dilanjutkan penetapan lokasi di Jawa Tengah. Setelah penlok dilakukan, terdapat proses pengadaan tanah seperti sosialisasi lalu musyawarah.

Pada tahap 1 seksi 1 JC Gedebage-SS Garut Utara akan dimulai konstruksinya pada tahun 2022 dan diperkirakan selesai tahun 2024. Berlanjut pada tahap kedua Seksi 3 SS Tasikmalaya-SS Patimuan dan Seksi 4 SS Patimuan-SS Cilacap yang akan dimulai konstruksinya pada tahun 2027 dan target beroperasi tahun 2029.

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap, Johannes Mancelly hingga saat ini progres identifikasi dan pematokan lokasi Jalan Tol Gedebage-Cilacap seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara untuk wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Garut telah dirampungkan.

“Tindakan selanjutnya, progres kebutuhan lahan di Kota Bandung dan Kabupaten Garut sudah masuk tahap proses inventarisasi. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim tanah,” katanya dalam keterangan resmi, belum lama ini.

Pembangunan tol terpanjang di Indonesia ini terbilang rumit. BPJT menyebut pembangunannya melintasi banyak batuan gunung sehingga perlu penanganan khusus selama proses konstruksi.

Nantinya akan terdapat 10 Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

Sebelum Tol GeTaCi dibangun, dilansir dari detikcom, predikat jalan tol terpanjang di Indonesia ada pada ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero).

Ruas Tol yang masuk dalam Trans Sumatera itu memiliki panjang 189,40 km. Kemudian tol terpanjang kedua juga masih ada di Trans Sumatera yakni Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,69 km. (dtc/muz)