Tradisi Unik! Sebelum Berangkat Haji, Jamaah Haji Asal Demak Ritual Memutari Alun-alun Sebanyak Tujuh Kali

JAMAAH DEMAK: Jamaah haji asal DEMAK sebelum berangkat haji. Foto: adi/jatengpos

JATENG POS. CO. ID, DEMAK – Kloter 64 jamaah haji asal Demak diberangkatkan dari wisma haji IPHI Kabupaten Demak pada Selasa (28/5).

Pemberangkatan dilakukan oleh Bupati Demak Hj dr Eistianah dengan didampingi Sekda Akhmad Sugiharto. Sebelumnya sudah diberangkatkan dua Kloter masing-masing Kloter 62 dan Kloter 63 dari total 1962 calon jamaah haji asal Demak.

Yang menarik pada pemberangkatan jamaah haji tahun ini adalah dilakukannya kembali memutari alun-alun Demak sebanyak 7 kali, yang sebelumnya sempat terhenti karena pandemi.

“Pemberangkatan jamaah haji tahun ini kita mengulang tradisi pemberangkatan jamaah haji pada tahun-tahun dahulu dengan memutari Alun-alun sebanyak 7 kali. Sebenarnya tahun kemarin juga sudah dilakukan namun tidak semuanya. Nah yang tahun ini ada keinginan para jamaah untuk mengulanginya, “jelas Bupati.

Seperti diketahui tradisi memutari Alun-alun Demak sebanyak 7 kali dari para jamaah haji, sebelum berangkat ke tanah suci, adalah untuk mencari berkah dari sultan Fatah. Tradisi ini sudah turun temurun ada sejak jaman kerajaan dan dilakukan hingga sekarang.

Adapun untuk calon jamaah haji tertua kali ini adalah mbah Sadar yang sudah berumur 93 tahun warga Kangkung Mranggen. Kemudian untuk Kabupaten Demak sendiri ada 8 Kloter dengan Kloter terakhir yakni Kloter 68. (adi/jan)