Transformasi Digital dan Evolusi Dipercepat

Transformasi Digital dan Evolusi Dipercepat
Transformasi Digital dan Evolusi Dipercepat

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Setiap perubahan, selalu menyisakan pro dan kontra. Jangan ragu akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi. Karena itulah, selama 4 tahun ini, Menpar Arief Yahya tidak melakukan revolusi besar-besaran di Kemenpar. “Saya memilih evolusi dipercepat, dalam bertransformasi menuju Digital Tourism 4.0,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Orang nomor satu di Kemenpar itu menyebut proses transformasi birokrasi menuju ke professional itu ada konsep 3B. To build, to borrow dan to buy. Semua punya plus minus, semua memiliki dampak pro dan kontra. To Build itu membangun dari nol, mendidik dari yang ada, menuju ke professional. Risikonya, membutuhkan waktu panjang, kesabaran tinggi, dan 5 tahun tidak cukup.

To Buy, atau mengganti semua pejabat dengan orang baru, yang lebih fresh, lebih akomodatif dengan perubahan. Ini yang disebut revolusi dan akan membawa kontraksi yang besar di pegawai. Ini juga bukan pilihan Menpar Arief Yahya dalam bertransformasi, untuk melambungkan pariwisata Indonesia.
Mantan Dirut PT Telkom ini memilih To Borrow, atau menggunakan shadow management. Meminta tenaga professional yang ahli di bidangnya, punya reputasi, untuk mendampingi pegawainya dalam bertransformasi. “Ini cara yang paling smooth, tidak gaduh, tidak menimbulkan kontraksi yang berlebihan, tetap bisa bekerja dengan sentuhan korporasi dan menuju professional,” ungkap Menpar Arief sejak tahun 2015.

Baca juga:  Transformasi Digital Industri Kesehatan Dukung Kemandirian Nasional

Apakah perubahan yang dilakukan di lingkungan Kemenpar itu tidak menyisakan “residu”? Pasti ada, dan pasti terjadi. Bahkan dalam menyongsong era digital pun, tetap ada 30% yang belum juga beranjak, belum move on. Sementara customers atau travelers sudah 70% go digital. “Jadi memang yang masih ada 30% yang konvensional dan lebih nyaman dengan cara orang lama.”

iklan

Roadmap menuju Go Digital di Kemenpar, bukan terjadi kemarin, minggu ini atau tahun ini. Tetapi sudah diawali sejak 2015, lalu diperkuat di Rakornas Go Digital Be The Best, September 2016. Maka kalau muncul kritik belakangan ini, sebenarnya juga sudah tidak aktual lagi. Bisa juga, karena imbas “musim politik” yang sedang nge-hits belakangan ini.

Presiden Jokowi juga selalu menyampaikan tantangan ke depan, untuk memenangkan persaingan di level dunia, harus lebih cepat (speed). Kecepatan menjadi kunci. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat, bukan yang kecil mengalahkan yang besar. Lalu solid, dari atas sampai ke bawah, harus punya tone yang sama. Inline dengan semacam “corporate culture” yang sudah dibangun Menpar Arief Yahya di lingkungan Kemenpar dengan 3S, Solid, Speed, Smart.

Budaya kerja itu selanjutnya diimplementasikan oleh Menpar Arief Yahya dengan istilah: WinWay. Bisa diterjemahkan sebagai Wonderful Indonesia Way, atau The Way to Win! “Budaya kerja untuk memenangkan persaingan global. Maka seluruh unsur pariwisata dikelola dengan spirit WinWay,” ungkap pria yang lahir di Banyuwangi Jawa Timur ini.

Baca juga:  Tidak Ada Agenda ke Palu, Menpar Hadir di Festival Tanjung Lesung 2018

Cara Smart yang dimaksud Menpar Arief Yahya itu, seperti apa? Singkat cerita adalah Go Digital. Lantas muncul magic words 3 kalimat yang selalu dipopularkan di setiap momen sejak 2015. The more digital, the more personal. The more digital the more global. The more digital the more professional. Implementasinya di dalam seluruh aktivitas Kemenpar, menuju ke Digital Tourism 4.0 yang dijadikan tema besar Rakornas I Tahun 2019. “Transforming Tourism Human Resources, Winning The Global Competition in 4.0 Era.”
Catatan #CEOMessage ke-61 yang juga sempat masuk ke daftar trending topic di Twitter sudah dijelaskan apa itu Tourism 4.0. “Tourism 4.0 lahir seiring dengan mulai tersedianya big data perilaku travelers yang mampu dikumpulkan via apps dan sensor yang kemudian diolah dan menciptakan seamless dan personalized travelling experience,” sebut Menteri Arief Yahya.

Seamless dan personalized experience itu, lanjut dia, bisa diwujudkan karena adanya peran teknologi-teknologi Revolusi Industri Keempat (4.0). Yaitu: artificial intelligence, internet of things (IoT), big data analytics, robotics, augmented reality, cloud computing, blockchain, dan sebagainya. “Inilah berbagai teknologi yang kini sering disebut sebagai Teknologi 4.0,” kata Arief Yahya yang juga sering disampaikan Presiden Jokowi ke anak-anak millennials.

Baca juga:  Yuk Ikut Vote Vlog PNS Inspiratif 2018

“Kita semua tahu, target besar Presiden Jokowi adalah 20 juta wisman tahun 2019. Itu artinya double, dari start awal 9,3 juta di 2014. Dan untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, hanya bisa ditempuh dengan cara yang tidak biasa! Cara yang tidak biasa itu adalah: Go Digital,” ungkap Arief Yahya.
Apakah “go Digital” yang selama 4 tahun disosialisasikan Menpar Arief ini 100% diterima public? Minimal di lingkungan Kemenpar sendiri? Tentu, jawabannya, tidak semua. Masih ada 30% yang masih menggunakan cara berpikir lama, konvensional, meskipun customers-nya, atau travelersnya sudah menuju ke digital. Karena itu, tidak heran, jika masih ada yang menggunakan pisau analisa “orang lama” untuk menjawab tantangan kekinian dan masa depan yang semakin millennials, yang sudah digital, mobile dan interaktif.

Lalu apa yang akan dilakukan untuk menyamakan frekuensi cara berpikir “baru” itu? “Ya, harus sabar, terus mendidik, dan menularkan pemahaman kepada SDM kita, yang sesuai dengan arah pergerakan customersnya. Era digital, creative industry atau cultural industry ini berjalan sangat cepat. Kita berpacu melawan kreativitas dan era millennials yang makin cepat,” ungkap Arief Yahya.(rif)

iklan