JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Surakarya bersama Tokopedia meluncurkan program bertajuk Rasa Solo. Program tersebut selain untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) di kota bengawan bangkit dari pandemi Covid-19, sekaligus mengobati rasa rindu para perantau akan kampung halaman.
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, program tersebut sebagai bentuk dukungan Pemkot kepada UKM agar segera bangkit dari pandemi.
“Adanya Rasa Solo ini diharapkan kedepannya UMKM Solo bisa lebih berkembang dalam dunia digital. Go digital dan naik kelas,” ujarnya.
Ia optimistis program Rasa Solo bisa berjalan dengan baik, apalagi moment lebaran ini ada larangan mudik. Sehingga, perantau bisa memanfaatkan Rasa Solo untuk mengobati kerinduannya akan kota bengawan. “Tahun ini kita dilarang lagi untuk mudik, ya ini untuk mengobati rasa kangen dan untuk tetap mempererat tali silaturahmi” ungkap Gibran.
Sementara itu, Program Manager Surakarya, Michael menjelaskan, Rasa Solo merupakan wadah untuk mendukung UKM di Solo. Dimana sejumlah UKM yang digandeng seperti Aroem Ndaloe, Visa Collection, Oppu Company, Batik Jeng Jani, Ramuan Bunga, Bleu Living, Pia Nyah Solo, Pusparirin Konsentrat Daun Kelor, dan Tropeace dan lainnya menjual produknya dalam bentuk packaging yang menarik.
“Kami dengan Pemerintah Kota Solo memiliki visi yang sama yaitu ingin mengembangkan potensi dari produk asli solo dalam bersaing di skala nasional. Maka dari itu kami membentuk Surakarya dimana kami adalah wadah bagi UKM Kota Solo untuk dapat berkembang bersama, harapannya dengan langkah awal ini, UKM di Solo akan terbantu begitu juga para pembeli yang berkesempatan merasakan citarasa Solo dari jauh lewat Rasa Solo”, ucapnya.
Rasa Solo sendiri dapat ditemukan di e-commerce Tokopedia mulai tanggal 22 April – 3 Mei 2021 dan hasil penjualannya akan digunakan sepenuhnya untuk pengembangan UKM di Kota Solo, sehingga UKM di kota Solo dapat segera bangkit dari pandemi.
Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia mengatakan, pihaknya menyambut baik Rasa Solo karena program tersebut sejalan dengan misi Tokopedia untuk menghadirkan suasana lebaran di seluruh pelosok negeri dengan memberikan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
“Kolaborasi Tokopedia bersama Pemkot Solo lewat kampanye Rasa Solo adalah kesempatan yang berharga. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa membantu UMKM lokal beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan teknologi, demi mempertahankan usaha dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan,” ungkap Astri.
Ia berharap, Rasa Solo dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal untuk mengadopsi kanal digital dalam menjalankan usaha, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia. “Upaya bersama seperti inilah yang bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional yang saat ini terdampak pandemi,” tambahnya. (jay/bis/rit)