Tren Pemesanan Hotel Secara Online Meningkat

Ilustrasi pemesanan hotel online.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tingkat pemesanan kamar hotel dengan fasilitas online terus mengalami peningkatan. Pada tahun ini, rata-rata kontribusi booking online mencapai 35% dari total pemesanan hotel di Kota Semarang.

General Manager Grand Candi Hotel Semarang, Julia SKB mengatakan, saat ini pergeseran pemesanan kamar hotel masih terus terjadi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Padahal, tahun lalu, booking hotel online hanya berkontribusi 5% dari total okupansi kamar di hotel. “Tamu hotel memilih online karena harga dinamis, berubah sewaktu-waktu, bisa lebih murah dan bisa lebih mahal,” katanya, Kamis (14/12).

Menurutnya, jika sebelumnya pengguna online untuk booking kamar hotel masih didominasi segmen personal, saat ini dari pihak corporat sudah mulai ikut bergeser memanfaatkan layanan tersebut. “Sekarang, 20% pasar corporat sudah memesan kamar lewat online,” ungkapnya.

Terkait okupansi , pada tahun ini Grand Candi Hotel membukukan lonjakan cukup signifikan. Pada tahun lalu, okupansi rata-rata setahun hanya 56%, dan sekarang naik menjadi 60%. “Kami memiliki kamar sebanyak 198 unit,” ujarnya.

Dari sisi revenue, lanjutnya, hunian kamar hotel memberikan kontribusi 60% dan ‘food and beverage’ 40%. Namun begitu, 80% ‘backbone’ pendapatan dari MICE.

Sementara itu, menyambut Natal dan Tahun Baru 2018, Grand Candi Hotel memberikan banyak program spesial dengan tema ‘Flash Back 80-an. Okupansi hotel ditargetkan 60% di moment Natal dan 80% pada momentum Tahun Baru. (aln/mar)