Tuan Rumah lagi Gacor

JATENGPOS.CO.ID, DORTMUND – Dortmund bakal menjadi tuan rumah bagi Chelsea pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 di Signal Induna Park, Kamis (16/02/2023) dinihari 03:00 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com.

Dortmund dalam kepercayaan diri yang tinggi jelang duel lawan Chelsea. Sebab, tim racikan Edin Terzic selalu menang pada enam laga terakhir. Pada periode tersebut, Dortmund mampu mencetak 17 gol ke gawang lawan-lawannya.

Berbanding terbalik dengan Dortmund, kubu Chelsea belum tampil meyakinkan. Belanja pemain jor-joran di bursa transfer belum memberi dampak instan. Chelsea selalu imbang pada tiga laga terkini dan tak pernah bikin lebih dari satu gol pada lima laga terakhirnya.

Secara performa, Dortmund jauh lebih meyakinkan. Dalam enam laga terakhirnya di semua kompetisi, Marco Reus dan kawan-kawan tak pernah gagal membungkus kemenangan.

Di Bundesliga akhir pekan kemarin, Dortmund menaklukkan tuan rumah Werder Bremen 2-0 melalui gol-gol Jamie Bynoe-Gittens dan Julian Brandt. Dengan momentum sehebat ini, wajar jika Dortmund sangat percaya diri menatap laga kontra Chelsea di Signal Iduna Park.

 


Sementara itu, Chelsea masih sulit menang meski sudah belanja besar-besaran di bursa transfer musim dingin. Dalam tiga laga terakhirnya di Premier League, tim asuhan Graham Potter itu selalu meraih hasil seri.

Akhir pekan kemarin, meski sempat unggul lewat gol Joao Felix, Chelsea harus puas bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah West Ham. Sebelum itu, mereka berturut-turut bermain tanpa gol kontra Liverpool dan Fulham.

Dortmund belum pernah bertemu dengan Chelsea. Namun, Dortmund sudah menghadapi wakil Inggris lain di fase grup musim ini, yakni Manchester City. Dortmund bermain seri 0-0 di Jerman setelah sebelumnya kalah 1-2 di Inggris.

Dalam leg pertama fase knock-out Liga Champions 2022/2023, Chelsea mengandalkan sejumlah bintang berharga mahal yang baru didatangkan di jendela transfer musim dingin. Ini termasuk Enzo Fernandez, Joao Felix, dan Mykhailo Mudryk.

Namun, dengan perpaduan yang belum optimal, Chelsea tetap bisa kerepotan di kandang Borussia Dortmund. Pasalnya, sepanjang awal 2023, BVB tampil sempurna. Die Borussen menang beruntun dalam 6 laga di semua kompetisi.

Chelsea menjadi klub yang paling aktif selama bursa transfer pada bulan Januari 2023. The Blues mendatangkan total 8 pemain anyar. Dari sejumlah pemain itu, yang masuk skuad UCL adalah Fernandez (106,8 juta paund), Mudryk (88,5 juta paund), juga Felix yang didatangkan dengan status pinjaman.

Dipenuhi segudang skuad melimpah, Chelsea justru belum menunjukkan performa apik. Tim asuhan Graham Potter itu hanya sekali saja menang sepanjang 2023 di semua kompetisi. Dari 8 kali penampilan, London Biru seri sebanyak 4 kali, sedangkan 3 partai lainnya berakhir tumbang.

Dalam 3 partai pemungkas sebelum laga kontra Dortmund, Chelsea selalu seri. Dengan latar belakang itu, The Blues layak untuk tampil hati-hati dalam lawatan ke kandang Dortmund. Saat fase grup lalu, BVB tidak terkalahkan di Signal Iduna Park dengan 1 menang dan 2 seri.

“Para pemain kami banyak yang masih muda dan mereka memiliki kualitas. Dengan hadirnya Mudryk dan Joao (Félix), ada pemain yang juga berpengalaman,” ucap Graham Potter, dikutip laman resmi UEFA.

“Mereka sedang memulai karier, mereka ambisius, mereka ingin meraih banyak hal. Mereka tidak berada di sini untuk menjadi yang keempat atau ketiga, mereka berada di sini untuk menang dan bersaing,” tandas eks manajer Swansea City dan Brighton itu.

Di lain kubu, Borussia Dortmund menggaet Julien Duranville dan Julian Ryerson untuk melengkapi komposisi pemain. Tidak seperti calon lawan yang mengeluarkan banyak uang, BVB hanya membayar senilai 5 juta euro untuk meminang Duranville dari Anderlecht dan 7,5 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Ryerson dari Union Berlin.
Meskipun tidak banyak mendatangkan pemain baru, Die Borussen siap menebar ancaman di pentas Eropa. Klub yang ditukangi Edin Terzić ini tampil sempurna selama tahun 2023.
Dari total 7 kali duel di berbagai ajang, Jude Bellingham dan kolega selalu menyapu bersih laga alias membukukan kemenangan. 5 di antaranya tersaji di Liga Jerman 2022/2023 secara berturut-turut.

Melihat performa akhir-akhir ini, Die Borussen mempunyai kans besar mengalahkan Chelsea yang sedang oleng. Catatan 16 gol dari 6 partai kompetitif terakhir menunjukkan kualias BVB.
“Kami akan menghadapi tim papan atas dari Inggris yang keluar sebagai juara di Liga Champions 2021. Kami juga akan reuni dengan Pierre-Emerick Aubameyang dan Christian Pulišić. Saya adalah teman dekat pelatih mereka, Graham Potter. Kami sangat menantikan reuni dan pertandingannya,” beber Edin Terzić.

Kedua tim belum pernah bertamu di atas lapangan. Jika berdasarkan 5 laga terakhir, capaian Borussia Dortmund jauh mengungguli Chelsea. Tuan rumah mengemas torehan sempurna alias selalu menang. Sedangkan tim tamu hanya sekali menang, sekali tumbang, dan 3 kali imbang.

Borussia Dortmund terancam tanpa diperkuat Youssoufa Moukoko yang mengalami cedera pergelangan kaki. Kendati demikian, Die Borussen dapat memaksimalkan peran Sebastian Haller.

Sementara Chelsea berpeluang menurunkan sejumlah penggawa anyar dalam pentas Eropa ini. Enzo Fernández, Noni Madueke, Joao Felix, hingga Mykhaylo Mudryk diprediksi tembus starting XI The Blues. Tidak ada nama bek tengah Benoit Badiashile dalam daftar pemain lantaran ia tidak didaftarkan untuk kompetisi tersebut. Prediksi skor Borussia Dortmund 2 – 1 Chelsea. (ito/riz)

Prediksi Pemain
Borussia Dortmund (4-1-4-1) : Gregor Kobel; Julian Ryerson, Nico Schlotterbeck, Niklas Sule, Raphael Guerreiro; Emre Can; Julian Brandt, Marco Reus, Jude Bellingham, Giovanni Reyna; Sebastian Haller. Pelatih : Edin Terzic.
Chelsea (4-2-3-1) : Kepa Arriza¬balaga; Reece James, Thiago Silva, Trevoh Chalobah, Marc Cucurella; Ruben Loftus-Cheek, Enzo Fernández; Noni Madueke, Joao Felix, Mykhaylo Mudryk; Kai Havertz. Pelatih : Graham Potter.