Tuntaskan Pembelajaran PAI dengan Metode Make A Match

Akhmad marzuki, S.Pd.I

Pendidikan agama Islam adalah pendidikan berdasarkan ajaran Islam. Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru PAI adalah bagaimana menciptakan model-model pembelajaran yang inovatif, variatif, kreatif, menyenangkan, dan bermakna sehingga siswa dapat mencapai kompetensi dan tuntas dalam pembelajaran. Banyak model dan teknik pembelajaran yang dapat dipilih dan diterapkan oleh guru, salah satunya melalui pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Johnson & Johnson (1992) mengemukakan bahwa ada lima ciri pokok pembelajaran kooperatif yaitu: 1) adanya saling ketergantungan positif, 2) adanya interaksi tatap muka, 3) adanya akuntabilitas individual, 4) adanya ketrampilan menjalin hubungan antar pribadi, 5) adanya evaluasi proses kelompok. Terdapat beberapa jenis dalam pembelajaran cooperative learning salah satunya adalah teknik make a match (mencari pasangan).

Teknik make a match menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan peran aktif dan motivasi belajar siswa. Teknik Make-a Match memiliki keunggulan yaitu siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan sehingga melatih ketelitian, kecermatan dan ketepatan serta kecepatan. Dalam teknik Make a match siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Melalui tugas kelompok yang dilakukan siswa mendorong munculnya keaktifan yang dapat meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut tentu penting guna mencapai dan meningkatkan mutu pembelajaran PAI di sekolah dasar. Dalam mengajar, bukan hanya sekadar menyampaikan materi kepada peserta didik melaikan juga perlu adanya keterlibatan siswa secara mental. Keaktifan siswa membuat pembelajaran lebih bermakna. Siswa tidak hanya sekadar tahu dan hafalan melainkan juga mengerti dan memahami konsep-konsep tersebut dan menghubungkan keterkaitannya suatu konsep dengan konsep lain. Teknik make a match dapat diterapkan dalam mengajarkan berbagai macam materi seperti nama-nama kitab Allah SWT.

Langkah-langkah penerapan model cooperative learning teknik make a match menurut Rusman (2011) sebagai berikut :Pertama, Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik terkait nama-nama kitan Allah SWT serta tujuan yang ingin dicapai, (satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Kedua, Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.Ketiga,  Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Keempat, Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. Kelima, Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman yang telah disepakati bersama. Keenam, Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.Ketujuh, Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok. Terakhir,  Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif jenis  Make a Match dapat menjadi pilihan bagi guru dalam pengajaran PAI di sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan sesuai dengan karakter siswa sekolah dasar yang masih menyukai metode belajar sambil bermain. Metode Make a Match juga dapat meningkatkan keaktifan dan kecermatan siswa. Sebelum permainan dimulai, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi belajar, pokok bahasan, mengorganisasikan siswa, menyampaikan langkah-langkah permainan, membimbing siswa, dan mengevaluasi hasil serta memberikan penghargaan.

 

Oleh :

Akhmad marzuki, S.Pd.I

Guru SDN 02 Tlogopakis Kec. Petungkriyono Kab.Pekalongan