TV OLED LG evo G3 Resmi Masuk Pasar Indonesia

- TV OLED evo G3- PT. LG Electronics Indonesia (LG) akhirnya resmi memasarkan TV OLED evo G3, Kamis (9/11). FOTP : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA- PT. LG Electronics Indonesia (LG) akhirnya resmi memasarkan TV OLED evo G3 hari ini (9/11). Didapuk menempati kasta tertinggi dalam jajaran TV OLED LG, seri ini membawa evolusi generasi selanjutnya dari panel TV OLED yang menawarkan luminositas dan kecerahan lebih tinggi dengan detail lebih baik dibanding generasi panel sebelumnya. Disamping pula, desain khusus berjuluk One Wall Design yang menghadirkan gaya dan keanggunan saat penempatannya menempel pada dinding.

“Pemasaran ini mewakili benar upaya kami terus mendorong inovasi OLED TV pada tingkat yang lebih tinggi. Pada reproduksi warna, kecerdasan serta terapan desain istimewa bagi mereka yang tak menegosiasikan satu diantaranya untuk kepuasan memiliki TV,” ujar Park Jae Il, Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia

Melihat tampilan luarnya saja, TV OLED evo 3 terasa benar membawa aura istimewa. Terapan desain One Wall Design, membuat TV OLED terbaru LG ini menempel sempurna pada dinding tanpa menyisakan celah (Zero Gap) yang membuatnya mampu menghadirkan gaya dan keanggunan dengan mudah pada ruang tempatnya terpasang.

Aura istimewa ini semakin nyata saat menengok berbagai teknologi yang disematkan LG didalamnya. Membawa buah pemikiran utama LG pada sisi visual dan audio dengan pengembangan berbasis kecerdasan buatan (Artificial In-telligence – AI), pusat pengembangan model anyar TV OLED LG tahun 2023 dengan resolusi Ultra HD 4K ini ada pada prosesor pintar dengan dukungan AI terbaru.

Dikembangkan LG dengan nama Prosesor AI α9 Gen6, terdapat dua teknologi utama didalamnya yaitu AI Picture Pro yang menangani visual dan AI Sound Pro yang khusus untuk peningkatan audio. “Teknologi utama berbasis AI ini melengkapi terapan panel OLED terbaru yang dibawa TV OLED dengan resolusi UHD 4K ini. Lahir dari pengalaman panjang LG selama 10 tahun menjadi pionir TV OLED di dunia,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Menangani pengembangan dalam sisi visual, AI Picture Pro menyandarkan kekuatannya pada OLED Dynamic Tone Mapping Pro. Sebagai dukungan teknologi reproduksi gambar tercanggih LG saat ini, keberadaannya bekerja membagi dan menganalisis gambar dalam 20,000 blok warna dengan mendeteksi area paling gelap dan terang pada layar 65 inci LG OLED evo G3. Fitur ini kemudian bekerja mengoptimalkannya untuk menciptakan nuansa keterlibatan lebih mendalam bagi penontonnya.

“Keberadaannya mampu mengungkap berbagai detail pada tayangan yang dimaksudkan kreatornya menjadi bagian dari membangun nuansa dramatis, namun tak berhasil ditampilkan pada TV generasi sebelumnya,” ujar Vincent Martana Wenas.

Lebih lanjut dikatakannya, keunggulan dalam hal visual TV OLED LG tahun 2023 ini semakin nyata dengan keberadaan HDR Expression Enhancer. Sesuai namanya, fitur ini bekerja khusus untuk mendeteksi dan menyempurnakan objek penting pada layar, seperti misalnya wajah manusia, dalam setiap adegan.

Dengan peningkatan ketajaman dan pemetaan tiga dimensi yang didukung pemanfaatan deep learning sebagai bagian terapan AI didalamnya, TV OLED LG ini mampu memberikan kekayaan detail lebih untuk menciptakan keterlibatan emosional lebih dengan penontonnya.

Melengkapi berbagai peningkatan dalam hal visual ini, LG menanamkan teknologi Brightness Booster Max. Bekerja menggabungkan arsitektur kontrol cahaya terbaru dan algoritma peningkatan pencahayaan, keberadaannya mampu mendorong tingkat kecerahan hingga 70%. Dicapai dengan pemetaan dan kontrol kecerahan pada tiap pikselnya, Brightness Booster Max membuat gambar tertampil lebih tajam, namun tetap dalam nuansa realistis.

Mengimbangi kekuatan besar pada reproduksi gambar, pengembangan tak kalah istimewa pun hadir dalam hal kepuasan dengar. Sematan AI Sound Pro membuat TV OLED 4K ini mampu menghadirkan nuansa audio berkanal surround 9.1.2 dari speaker yang terintegrasi, tanpa perlu tambahan perangkat tersambung lainnya.

“Kekuatan audio ini didesain mampu menghantarkan bunyi dengan tepat pada pengguna sekaligus memenuhi ruang untuk menciptakan nuansa keterlibatan lebih baik dengan konten yang dinikmatinya,” ujar Vincent Martana Wenas.

Pengalaman pengguna yang lebih personal pun menjadi tawaran nyata pada OLED TV LG ini. Membawa webOS versi terbaru, model tahun ini menghadirkan All New Home, antarmuka pengguna (UI) yang didesain ulang dengan menawarkan banyak pilihan personalisasi dan kenyamanan lebih dari sebelumnya.

‘Quick Cards’ yang baru menawarkan pengguna akses mudah ke konten dan layanan yang paling sering digunakan. Memberi kemudahan bagi pengguna, keseluruhannya dikelompokkan ke dalam kategori logis seperti Home Office, Gaming, Musik dan Olahraga.

Platform smart TV khas besutan LG yang datang dalam versi lebih canggih ini memudahkan semua orang menikmati TV dengan rekomendasi terpersonalisasi sesuai dengan preferensi yang tersusun berdasarkan riwayat dan kebiasaannya menonton. Hal ini dapat dicapai berkat adanya AI Concierge.

Lebih dari kesenangan menyaksikan tayangan pilihan, LG OLED evo G3 ini juga didesain menjadi layar gaming terbaik. Waktu respons 0,1 milidetik, jeda input rendah serta keberadaan empat port yang mendukung HDMI 2.1 menjadi modal besar untuk menangani game generasi terkini.

Menambah kenyamanan penggunaan dalam sesi gaming, TV OLED LG juga dilengkapi dengan Game Optimizer. Keberadaannya memungkinkan pengguna dengan cepat memilih dan beralih di antara fitur-fitur khusus game. Termasuk didalamnya, preset tampilan berdasarkan genre game. Selain itu, kelengkapan layar 120Hz dan pengaturan kompatibilitas dengan G-SYNC®️, FreeSync™️ Premium serta kecepatan refresh variabel (Variable Refresh Rate) juga mudah diakses dari Game Optimizer.

“Dengan seluruh kekuatan dalam visual, audio hingga dukungan kuat untuk menangani game terkini, menjadikan TV OLED LG evo G3 sebagai TV kelas premium yang benar-benar hadir sebagai pusat hiburan di dalam rumah,” ujar Park Jae Il.

Hal inilah yang menurutnya membuat LG optimis TV OLED terbaru ini bakal mudah mendapat popularitasnya di tengah masyarakat Indonesia.(aln)