Uji Konsistensi Setan Merah

JATENGPOS.CO.ID,  MANCHESTER – Pekan ke-19 Liga Inggris 2022-2023 akan menghadirkan sejumlah pertandingan menarik. Diantaranya duel Manchester United kontra Bournemouth di Old Trafford, Rabu (04/01/2023) dinihari pukul 03:00 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com. Laga ini menjadi ajang konsistensi Setan Merah yang baru saja menang 3 kali beruntun usai jeda Piala Dunia 2022.

Manchester United sedang menjalani tren bagus berkat tiga kemenangan beruntun di semua kompetisi. Setan Merah pun menargetkan Bournemouth sebagai korban berikutnya. Sementara itu, Bournemouth justru tengah dirundung tren negatif. The Cherries harus menelan kekalahan dalam tiga laga terakhir.

Manchester United memasuki pertandingan ini setelah menang 1-0 atas Wolverhampton Wanderers asuhan Julen Lopetegui di liga. Gol di babak kedua dari pemain internasional Inggris Marcus Rashford memastikan kemenangan Manchester United asuhan Erik ten Hag.

Bournemouth, di sisi lain, kalah 2-0 dari Crystal Palace asuhan Patrick Vieira di liga. Gol babak pertama dari penyerang Ghana Jordan Ayew dan gelandang Eberechi Eze memastikan kesepakatan untuk Crystal Palace.

Manchester United telah membuat tanda-tanda kemajuan yang jelas di bawah manajemen Erik ten Hag, dan berada di urutan keempat di liga. Mereka dua poin di belakang tim urutan ketiga Newcastle United, yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak. Mempertimbangkan kekalahan menyakitkan dari Brighton & Hove Albion dan Brentford di awal musim, ten Hag akan senang melihat timnya bersaing memperebutkan tempat di Liga Champions.

Di jantung kebangkitan Manchester United adalah Marcus Rashford. Pemain berusia 25 tahun itu kini telah mencetak 11 gol di semua kompetisi, setelah hanya mencetak lima gol musim lalu. Kontrak Rashford akan menjadi topik diskusi yang berat di antara hierarki klub, dengan Paris Saint-Germain dikatakan sangat tertarik.


Sementara itu, Bournemouth, berada di urutan ke-15 di liga, dan kalah empat kali dari lima pertandingan liga terakhir mereka. Pemain internasional Wales Kieffer Moore telah terbukti menjadi pemain yang berguna untuk klubnya, sementara mantan striker Chelsea dan Liverpool Dominic Solanke juga menunjukkan performa yang bagus. Akan menarik untuk melihat apakah kepemilikan baru klub memutuskan untuk berinvestasi di bulan Januari. Kami berharap Manchester United memenangkan pertandingan ini.

Setan Merah yang diasuk Erik Ten Hag memang tengah perkasa karena terhitung selalu menang dalam 5 partai terakhir di semua kompetisi resmi. Bahkan, dalam 2 laga terakhir, United juga bisa clean sheet.

Kondisi United ini berbanding terbalik dengan Bournemouth yang selalu kalah di 3 laga terakhir semua kompetisi. Tim berjuluk The Cherries itu juga tidak mampu mencetak satu saja gol di 3 kekalahan itu, yaitu 1-0 lawan Newcastle (Carabao Cup) juga atas Chelsea dan Crystal Palace di EPL.

Khusus di EPL, Man United kini berada dalam rentetan 3 kemenangan beruntun. Dalam 9 laga terakhir Setan Merah juga istimewa dengan catatan 6 kemenangan, 2 imbang, dan 1 kekalahan. Alhasil, United kini mantap menduduki 4 besar klasemen Liga Inggris dengan koleksi 32 poin.

United semakin diunggulkan di lagakontra Bournemouth ini karena rekor unik lain. Dalam 30 tahun terakhir, Iblis Merah punya catatan bagus di laga pertama awal tahun di semua kompetisi. Terdapat 17 kemenangan, 6 imbang, dan 7 kekalahan yang diperoleh mereka.
Meski sedang dalam tren bagus, Erik ten Hag masih menganggap timnya harus lebih baik lagi. Laga melawan Wolves disebut Ten Hag tidak berjalan bagus karena timnya membuang banyak peluang.

Faktanya menurut statistik dari Whoscored, United di laga itu mampu mengemas 16 tembakan namun hanya 6 yang on target dengan 1 gol saja tercipta.

“Saya tidak senang dengan performa di babak pertama karena harusnya kami bisa mencetak gol sebelum turun minum. Kemudian di babak kedua saya pikir kami bisa bermain lebih baik. Kami harus lebih siap, lebih cerdas, dan lebih yakin,” ucap Ten Hag dikutip laman resmi klub.

Bournemouth sendiri tentu akan menjalani laga yang tak mudah. Performa mereka sedang payah karena mendapatkan 6 kekalahan dari 7 laga EPL terakhir. Situasi itu menempatkan The Cherries di peringkat 15 klasemen EPL dengan 16 poin.

Bournemouth saat ini juga dalam tren 3 kekalahan beruntun termasuk di Carabao Cup atas Newcastle United. Lebih buruk lagi karena dari 3 kekalahan itu tak ada satu pun gol yang bisa mereka buat.

Manchester United lebih dominan atas Bournemouth dalam head to head di 5 laga terakhir. Setan Merah sanggup mengoleksi 4 kemenangan dan hanya sekali kalah. Pada pertemuan terakhir di Old Trafford, Man United menang telak 5-2 atas Bournemouth. Kala itu gol-gol United dibuat oleh Mason Greenwood (2), Rashford, Anthony Martial, dan Bruno Fernandes.

Marcus Rashford diyakini akan kembali masuk starting XI United di laga ini dengan catatan tak ada lagi tindakan indisipliner yang ia lakukan. Selain itu menarik dinanti apakah Ten Hag akan kembali menurunkan Luke Shaw di posisi bek tengah mengingat sudah ada Lisandro Martinez yang kembali dari libur Piala Dunia 2022.

Dari kubu Bournemouth, Dominic Solanke dan Kiefer Moore diprediksi masih menjadi tumpuan lini depan. Pemain lain seperti Adam Smith, Marcos Senesi, dan Philip Billing juga bisa dijadikan andalan oleh pelatih Gary O’Neil. Prediksi skor MU 2 – 0 Bournemouth. (ito/riz)

Prediksi Pemain
Manchester United (4-2-3-1) : David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia; Casemiro, Christian Eriksen; Bruno Fernandes, Antony, Marcus Rashford; Anthony Martial. Pelatih : Erik ten Hag.
Bournemouth (5-3-2) : Mark Travers; Jaidon Anthony, Adam Smith, Marcos Senesi, Lloyd Kelly, Jordan Zemura; Jefferson Lerma, Lewis Cook, Philip Billing; Dominic Solanke, Kiefer Moore. Pelatih : Gary O’Neil.