UKSW dan TNI Kembali Gelar Vaksinasi Massal

7
HERD IMMUNITY : Salah seorang warga sedang divaksin di kegiatan vaksinasi massal yang digelar UKSW Salatiga bersama TNI. ( foto : ist/dekan bawono/ jateng pos).

JATENGPOS.CO.ID,  SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar vaksinasi massal, di Balairung Universitas, Selasa (22/9). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan Serbuan Vaksin hasil kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Koordinator kegiatan, Giner Maslebu, S.Pd., S.Si., M.Si., menjelaskan gerakan serbuan vaksin merupakan upaya UKSW dan TNI untuk mendukung pemerintah pusat dalam percepatan terwujudnya herd immunity bagi masyarakat. Lebih lanjut, disampaikan Giner serbuan vaksin kali ini dibuka bagi masyarakat umum dan pelajar dengan total jumlah vaksin yang tersedia yakni 5.000 dosis.

“Kegiatan ini ditargetkan akan berlangsung hingga Kamis (23/9), per harinya kami menyediakan 1.500 dosis vaksin. Tidak menutup kemungkinan apabila animo masyarakat masih tinggi maka vaksinasi akan dibuka hingga Jumat 24 September,” kata Giner yang sekaligus merupakan Kepala Lembaga Layanan Kemahasiswaan (LLK) UKSW tersebut.

Dalam kesempatan itu, Giner mengapresiasi seluruh stakeholder yang mendukung kegiatan ini, baik dari TNI maupun nakes yang terlibat. Disebutkannya, tim yang turun melayani masyarakat berjumlah lebih dari 50 orang yang merupakan dokter dan perawat Klinik Pratama UKSW, dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) serta staf LLK UKSW.

Senada Pembantu Rektor III UKSW Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs., yang hadir saat pembukaan acara serbuan vaksin menyampaikan bahwa dari hasil kerjasama dengan TNI sebelumnya sudah 3000 mahasiswa divaksin. Adapun serbuan vaksin kali ini difokuskan untuk masyarakat umum dan pelajar usia 12-17 tahun.

“Ini merupakan bentuk pelayanan UKSW untuk masyarakat kota Salatiga, tidak lain dengan harapan agar semakin banyak masyarakat yang tervaksin dan segera mencapai kekebalan komunal,” imbuhnya.

Sementara, antusiasme masyarakat baik dari Salatiga maupun sekitarnya cukup tinggi. Nampak dalam antrian penerima vaksin sejumlah warga asing, Christian salah satunya. Warga berkebangsaan Amerika ini mengikuti vaksinasi sebagai persiapan untuk kepindahannya terkait pekerjaan ke kota lain.

“Sebelumnya saya sudah mencari informasi di beberapa lokasi namun selalu kehabisan, akhirnya bisa vaksin disini. Pelayanan tim administrasi dan tenaga media sangat baik, disediakan pula ruang antrian yang nyaman,” ujar Christian yang hadir bersama istrinya . (deb)