Beranda Jateng Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogyakarta

Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogyakarta

Keraton: Kejadian Begitu Sudah Biasa

15
Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogyakarta

JATENGPOS.CO.ID,  YOGYAKARTA  – Foto penampakan ular yang melingkar di salah satu tiang atau pilar Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta sedang menjadi pembicaraan hangat. Pihak Keraton Yogyakarta membenarkan kejadian itu terjadi pada malam Jumat Kliwon saat keraton menggelar haul mendiang Sultan Hamengku Buwono IX.

“(Ular melingkari pilar Keraton Yogyakarta) Itu malam Jumat Kliwon (15/10),” kata Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat,, Selasa (20/10).

Pria yang akrab disapa Romo Tirun ini melanjutkan, ular tersebut diketahui melingkar di salah satu pilar Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta.

“Di Bangsal Magangan, tepatnya di pilar sebelah barat utara, itu persis di atas umpak (batu penyangga tiang). Jadi itu bagiannya kan umpak yang paling bawah, terus atasnya kan sudah mulai tiangnya itu, nah itu pas melingkar di atas umpak itu,” ucapnya.

Meskipun mengatakan bahwa hal-hal seperti itu sering terjadi di dalam keraton, namun Romo Tirun tetap tak bisa menyembunyikan rasa heran dengan terjadinya penampakan itu. Dia mengungkap motif ular yang muncul melingkari pilar itu tak biasa.

Hal yang lebih menjadi perhatiannya adalah bahwa pada saat penampakan ular pada malam Jumat Kliwon tersebut, bersamaan dengan Keraton Yogyakarta sedang menggelar haul atau peringatan wafatnya mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX.

“Jadi hal-hal yang tidak biasa di luar sudah biasa di keraton, tidak pada terkejut. Apalagi harinya malam Jumat Kliwon dan sedang memperingati haulnya HB IX,” katanya.

Terkait arti hadirnya ular tersebut, Romo Tirun enggan menjelaskannya secara rinci. Namun Romo Tirun memastikan ular tersebut tidak mengganggu orang-orang yang sedang berada di lokasi tersebut pada saat kemunculannya.

“Ularnya tidak mengganggu, memperlihatkan diri, biasa itu. Kemarin juga dibiarkan saja terus hilang kok, dibiarkan, terus mau dilihat lagi sudah hilang,” ucapnya.(udi)