Univet Sukoharjo – Pondok Roja Teken MoU Pesantren Mahasiswa

MOU Pesantren Mahasiswa, antara Univet Sukoharjo dengan Pondok Roja.
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo, menjalin kerjasama dengan Pondok Roja Hidayatulloh, dalam program pesantren mahasiswa (Pesma).
Penandatanganan MOU dilakukan oleh Univet diwakili Wakil Rektor III Dr Sodikin dengan pimpinan Pesma Syaifuddin, di Gedung Rektorat Univet Sukoharjo, Senin (24/8/2020).
Rektor Univet Sukoharjo Prof Ali Mursyid menyambut positif MoU tersebut.
“Ini inisiasi program baru antara Univet dengan Pondok Roja. Agar lebih melembaga dan dua pihak saling mendapatkan manfaat,” kata Prof Ali Mursyid.
Ditambahkan Prof Ali, sebelumnya sudah pernah kegiatan bersama magang mahasiswa di Pondok Roja, yang ada di dukuh Brumbung, kelurahan Dukuh, Sukoharjo.
Ketua Yayasan Pondok Roja, Ahmad Hamim, mengatakan kerjasama pihaknya dengan Univet akan dilakukan secara terprogram.
“Setiap tahun kami akan buka kuota 15 mahasiswi Univet Sukoharjo untuk bisa mondok dan mengabdi di Pondok Roja sebagai pengajar.” Kata Hamim.
Pesantren mahasiswa tahfidzul Qur’an Roja akan fokus pengembangan ilmu Al Qur’an, namun tetap mengembangkan masing-masing bidang ilmu formal yang dikuasai.
“Dalam pesantren mahasiswa, setiap mahasiswa akan diprogram selama dua tahun. Tahun pertama belajar Al Qur’an, tahun kedua mereka akan praktek ikut mengajar adik adik mereka. Sesuai bidang ilmunya.” Kata Hamim.
Pondok Roja Sukoharjo khusus putri merupakan cabang dari pondok pesantren Hidayatullah Jakarta.
Ada empat unit kegiatan di Pondok Roja, yakni Unit pendidikan TMQ (SMP dan SMA), Unit Pesma (pesantren mahasiswa), Unit ekonomi produktif perkebunan, mini market dan ternak kambing dan Unit sosial Roja peduli. (dea/bis)