Upaya Tekan Penyebaran Covid – 19, Tim Velox BIN Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sukoharjo

7
SUKOHARJO.CO.IDKLATEN – Badan Intelijen Negara (BIN) ikut bergerak mendukung upaya percepatan penanganan pandemi covid19 di Indonesia. Salah satunya dengan membentuk Tim Velox atau tim percepatan yang melakukan aksi nyata langsung terjun di masyarakat. Diantaranya kegiatan nyata melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah jalan di Sukoharjo.

Dengan menggunakan dua unit mobil tangki blower warna merah yang dimodifikasi khusus, terlihat melakukan penyemprotan di jalan protokol Jendral Sudirman, Sukoharjo, Minggu (8/8/2021).

“Tim velox BIN sudah terbentuk sejak awal pandemi tahun lalu, fokus kita untuk mendukung percepatan penanganan pandemi covid19. Kegiatannya melakukan penyemprotan disinfektan. Saat ini ditambah giat vaksinasi door to door dan vaksin untuk pelajar,” kata Rajendra ketua tim velox BIN, ditemui usai kegiatan di Sukoharjo, Minggu (8/8/2021).

Ditambahkan Rajendra, pihaknya dalam dua Minggu ini akan berada di wilayah Solo Raya untuk melakukan penyemprotan.

“Karena Solo Raya masih masuk zona merah, kami diperintahkan untuk mendukung upaya menekan angka penyebaran dengan aksi penyemprotan disinfektan ini. Kemarin sudah di Solo, sekarang di Sukoharjo selama tiga hari, nanti juga ke daerah sekitar Solo. Ada juga tim Velox lain yang sedang di Jogja,” imbuh Rajendra.

Tidak hanya jalan protokol saja, dua mobil tangki blower dengan kapasitas 5000 liter ini juga menyusuri sejumlah jalan perumahan atau pemukiman yang dipetakan sebagai daerah merah atau tingkat angka kasus covid19 tinggi. 

 
Tadi terlihat juga menyusuri jalan perumahan Korpri Gayam, dan sejumlah jalan kampung lainnya. Bahkan beberapa kali mobil tanki tidak bisa masuk gang karena terhalang portal atau pepohonan yang rimbun. 
 

“Kami pastikan obat disinfektan yang digunakan aman untuk lingkungan dan manusia, jadi kami berani menelusuri hingga sampai ke gang kecil di perkampungan.” Imbuhnya.

Pihaknya juga berharap sinergitas dukungan pemerintah dan sejumlah instansi dalam upaya menekan angka penyebaran covid juga didukung oleh masyarakat. Yakni tetap melakukan upaya pencegahan untuk masing-masing wilayah dengan melakukan penyemprotan mandiri dan mengedepankan protokol kesehatan dengan benar.

Selain tim velox, juga disebutkan ada tim intelejen dan tim sosialisasi BIN, yang juga bergerak dalam fungsi masing-masing untuk mendukung penanganan pandemi covid19 di Indonesia. (Dea/bis)