USA Selangkah lagi ke Qatar

USA vs Panama

JATENGPOS.CO.ID,  ORLANDO – Amerika Serikat akan menyambut kedatangan Panama dalam lanjutan Kualifikasi Pra – Piala Dunia Zona Concacaf 2022 di Exploria Stadium, Senin (28/03/2022) pagi pukul 06:00 WIB. USA selangkah lebih dekat ke final Piala Dunia Qatar 2022.

Jelang laga ini, Amerika Serikat akan berada dalam kekuatan penuh dan tanpa masalah cedera setelah sebelumnya kontra dengan Meksiko. Setelah kalah 1-0 dari Panama, kini AS akan berusaha membuat gol balas dendam dari tim tamu.

Jelang pertandingan ini, Amerika Serikat punya rekor kurang bagus karena baru saja ditahan imbang tanpa gol oleh Meksiko. Dengan 22 poin dari 12 pertandingan, AS saat ini berada di urutan kedua dalam tabel kualifikasi Piala Dunia CONCACAF, di atas Meksiko dengan selisih gol dan tiga poin di bawah Kanada yang berada di posisi pertama.

Mereka sekarang tidak terkalahkan di semua kecuali satu dari delapan pertandingan terakhir mereka, Amerika mengklaim lima kemenangan dan dua kali imbang dalam waktu itu.

Seperti tuan rumah, Panama juga tampak fit dan tidak ada masalah penangguhan menjelang pertandingan kali ini. Sayang, Panama gagal kembali ke jalur kemenangan terakhir kali karena mereka ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah Honduras.

Mereka sekarang gagal memenangkan salah satu dari dua pertandingan terakhir mereka, tercatat hanya mendapat satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka. Panama saat ini berada di urutan kelima dalam klasemen dengan 18 poin dari 12 pertandingan, satu poin dari tempat keempat Kosta Rika di tempat playoff terakhir.

AS tercatat selalu angkuh selama bertemu dengan Panama, tuan rumah mengklaim 17 kemenangan dari 23 pertemuan. Panama hanya berhasil meraih tiga kemenangan dalam kurun waktu tersebut, sementara empat pertandingan berakhir imbang.

AS menuju permainan dengan pemain yang jauh lebih unggul dan lebih berpengalaman yang tersebar di beberapa klub terbesar di Eropa. Kami berharap mereka menyelesaikan pekerjaan pada hari Senin pagi, dan mengklaim kemenangan nyaman atas Panama di kandang.

Dengan dua pertandingan tersisa, Gregg Berhalter dan timnya berada dalam posisi yang solid untuk lolos ke Qatar. Ada kemungkinan tim ini bisa memesan tiket ke Qatar jika USA menang dan Kosta Rika gagal menang di kandang Honduras.

Meski  tanpa beberapa pemain kunci yang absen lantaran cedera, The Yanks masih harus menguasai bola saat menghadapi Panama yang cenderung bertahan dan menunggu kesempatan untuk menerkam.

Dalam pertemuan mereka sebelumnya, Stars and Stripes tampaknya kehilangan kehadiran Weston McKennie di tengah lapangan karena pemain Juventus itu masih dalam pemulihan dari patah kaki.

Sementara Sergino Dest tidak bisa diturunkan karena masalah hamstring dan kiper cadangan Man City Zack Steffen kemungkinan akan memulai lagi akhir pekan ini menggantikan Matt Turner, yang menghadapi masalah pergelangan kaki.

Jordan Pefok melewatkan peluang mencetak gol yang luar biasa di babak kedua untuk memberi The Yanks keunggulan pada hari Kamis.

Sementara Christian Pulisic membuat penampilan ke-21 untuk tim senior dalam urusan kualifikasi Piala Dunia, seri dengan mantan pemain internasional Amerika John Harkes, Eddie Lewis dan Oguchi Onyewu di departemen itu.

Tyler Adams mengenakan ban kapten untuk kedelapan kalinya dalam karirnya, Ricardo Pepi mengumpulkan penampilan internasionalnya yang ke-10, sementara Sean Johnson, Reggie Cannon dan Gianluca Busio tidak mengenakan pakaian melawan Meksiko.

Rolando Blackburn mencetak gol keempatnya untuk Panama di Octagon dalam hasil imbang melawan Honduras, dengan Fidel Escobar memberikan assist, sementara gol internasional terakhir yang dicetak oleh gelandang Nashville SC Anibal Godoy datang dalam pertemuan mereka sebelumnya melawan Amerika, yang berakhir dengan satu-satunya penghitungan pertandingan itu.

Ada tiga wajah baru dalam 11 pemain asal Panama melawan Honduras sebagai Andres Andrade dan Jorge Gutierrez menggantikan Roderick Miller dan Eric Davis di pertahanan, sementara Jose Luis Rodriguez menggantikan Cesar Yanis.

Cecilio Waterman, yang masuk sebagai pemain pengganti di pertandingan sebelumnya, adalah pencetak gol terbanyak mereka dalam siklus kualifikasi Piala Dunia ini dengan tujuh gol, sementara Gabriel Torres sama dengan Blackburn, setelah mencetak empat gol sejak mereka memulai kampanye kualifikasi. Prediksi skor USA 2 – 0 Panama. (bol/riz)