Villarreal vs Manchester United

MU Tanpa Ole

13

JATENGPOS.CO.ID,  VILLARREAL – Liga Champions Grup F matchday ke-5 Manchester United berkunjung ke markas Villarreal di Stadio de le Ceramica, Rabu (24/11/21) dinihari pukul 00.45 WIB, disiarkan langsung SCTV. Bertanding di El Madrigal, Red Devils akan melanjutkan fase Liga Champions untuk pertama kalinya tanpa dikawal Ole Gunnar Solskjaer. Tugas pelatih dipercayakan pada Michael Carrick yang ditunjuk sebagai manajer interim.

Carrick punya tugas yang sangat berat pada laga ini. United dan Villarreal punya poin yang sama, 7. Sementara, Atalanta memiliki lima poin. Jadi, persaingan di Grup F dipastikan sangat sengit.

Villarreal kalah dengan skor 2-1 dari United pada laga perdana di Old Trafford. Namun, tim racikan Unai Emery kini berada dalam performa yang bagus. Mereka tidak pernah kalah pada tiga laga terakhirnya di semua ajang.

Ole Gunnar Solskjaer baru saja di baru saja dipecat pada hari Minggu (21/11/21) kemarin menyusul rentetan hasil buruk yang dialami Man United belakangan ini. Puncaknya, Cristiano Ronaldo dkk digempur habis-habisan di kandang Watford dengan skor 4-1, yang membuat dewan klub kecewa berat dengan pelatih asal Norwegia tersebut.

Kini Setan Merah ditangani Michael Carrick sebagai caretaker, mereka diharapkan bisa memetik kemenangan di kandang Villarreal guna memperbesar kans lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Manchester United saat ini masih berada di peringkat pertama di klasemen sementara Grup F, namun menghadapi tekanan dari Villarreal yang juga mengoleksi angka sama.

Di sisi lain, Villarreal, selaku tuan rumah juga tak mau kalah dalam ambisi mereka mencuri tiket ke babak knockout Liga Champions. Kemenangan atas MU di laga nanti jadi harga mati. Selain itu, pasukan Unai Emery menjadikan laga ini sebagai ajang balas dendam setelah di pertemuan pertama pada September lalu mereka kalah 2-1 dari Manchester United.

Tak seperti Red Devils, Villarreal sedikit bernasib baik kompetisi Liga Spanyol. Mereka memainkan laga imbang 1-1 melawan Celta Vigo pada Sabtu kemarin.

Villarreal dan Manchester United telah bertemu lima kali sejauh ini dan seluruhnya terjadi di Liga Champions. Empat laga berakhir imbang, sedangkan satu laga terakhir berakhir kemenangan Manchester United.

Dengan hanya tersisa satu pertandingan lagi di fase grup, MU diunggulkan untuk memenangkan laga melawan Villarreal untuk mengamankan asa mereka di kompetisi Eropa. Hasil imbang pun sebenarnya juga  sudah cukup mengantarkan Man United ke 16 besar, dengan catatan Atalanta ditahan imbang Young Boys di pertandingan lainnya.

Villarreal akan kembali tanpa servis dari penyerang kunci Gerard Moreno karena cedera hamstring, sementara Serge Aurier tidak memenuhi syarat untuk Kapal Selam Kuning di Liga Champions.

Pelatih kepala Emery diperkirakan akan membuat perubahan dari tim yang memulai melawan Celta di liga pada hari Sabtu, dengan Yeremi Pino dan Francis Coquelin berpotensi masuk ke dalam XI.

Tim tuan rumah juga berkeringat pada kebugaran Arnaut Danjuma dan Etienne Capoue, tetapi kedua pemain diharapkan untuk memenangkan pertempuran mereka agar bugar, setelah absen melawan Celta.

Adapun Man United, Paul Pogba dan Raphael Varane akan kembali absen karena cedera, sementara Mason Greenwood absen, setelah dinyatakan positif terkena virus corona.

Edinson Cavani juga tidak mungkin pulih dari masalah tendon pada waktunya, sementara Luke Shaw mengalami gegar otak yang ditangguhkan lainnya melawan Watford dan dapat digantikan di bek kiri oleh Diogo Dalot.

Carrick diperkirakan akan membuat perubahan dari bentrokan Watford, dengan Donny van de Beek sebagai starter di lini tengah, sementara Eric Bailly bisa masuk ke empat bek melawan mantan klubnya, karena pemain Pantai Gading kemungkinan besar akan dibutuhkan melawan Chelsea berikutnya di akhir pekan karena suspensi liga Harry Maguire.

Jesse Lingard juga mendorong untuk terlibat, tetapi Bruno Fernandes, Marcus Rashford dan Jadon Sancho dapat dipilih untuk mendukung Cristiano Ronaldo, sementara Fred harus kembali di lini tengah.

Dengan striker Gerard Moreno dipastikan absen karena cedera, dan menghadapi Man United yang punya lini serang bertabur bintang, Villarreal mungkin bakal memperketat barisan pertahanan.

Adalah Pau Torres yang akan menjadi jantung di lini pertahanan klub Spanyol itu. Selama membela Villarreal, Pau Torres telah memenangkan 5 blok, 9 tekel, 22 duel udara, dan 44 potong umpan.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo sudah tak diragukan lagi keangkerannya di Liga Champions. Dia mencetak 5 gol dari 4 penampilannya di Eropa sejauh ini. Penyerang asal Portugal itu diharapkan bisa membawa Manchester United meraih kemenangan melawan Villarreal di Liga Champions. Prediksi skor Villarreal 0 – 1 Manchester United. (bola/riz)