Wajib Datang, Ini 8 Tempat Wisata Menarik di Pangandaran

24

KOTA Pangandaran sudah terkenal dengan tempat wisatanya, terutama pantai-pantainya yang indah. Tapi wisata di Pangandaran bukan hanya pantai, tapi ada juga sungai, air terjun dan masih banyak lainnya. Pilihan kuliner khasnya juga beragam.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pangandaran, berikut ada pilihan tempat wisata menarik di Pangandaran yang bisa Anda kunjungi. Tempat-tempat wisata ini bisa lho Anda masukkan dalam itinerary liburan ke Pangandaran.

1. Cukang Taneuh (Green Canyon)

Cukang Taneuh atau disebut juga sebagai Green Canyon ini keindahannya sudah dikenal kemana-mana.Tempat wisata yang berlokasi di Desa Kertajaya. Cijulang, Pangandaran menawarkan keindahan sungai beserta bebatuan alami yang begitu menawan.

Anda bisa sewa sampan yang bisa digunakan oleh maksimal 5 orang saja untuk menyusuri wisata ini. Tarif sewanya di kisaran harga Rp 75.000 dan bisa disewa dari pukul 07.30 sampai dengan 16.00. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan alamnya dan udara segar selama di Green Canyon ini.

Tempat wisata ini juga dekat dengan Bandar Udara Cijulang Nusawiru, Pangandaran. Sehingga jika anda ingin ke Kota Pangandaran ini bisa pesan susi air di Traveloka dengan mudah.

2. Pantai Pangandaran

Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Pangandaran tanpa mampir ke pantainya. Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang menjadi primadona wisata Pangandaran. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Menuju ke lokasi tempat wisata ini sangat mudah karena sekarang jalanan sudah di aspal dan juga penerangan jalan juga sudah baik.

Disini Anda bisa menikmati pemandangan  berupa matahari terbit dan juga matahari terbenam yang memukau. Anda juga bisa berenang disini dengan aman dikarenakan pantai ini cukup landai. Pantai Pangandaran ini dikenal sebagai pantai yang memiliki pasir berwarna putih yang bersih

3. Pantai Batu Karas

Lokasi pantai ini di Desa Batu Karas. Jarak menuju pantai ini dari Pangandaran sendiri sekitar 34 KM. Tempat wisata Pantai Batu Karas ini memiliki suasana yang tenang sehingga Anda akan betah berlama-lama disini.

Jika anda memiliki hobi berselancar, maka tempat wisata ini sangat cocok untuk berselancar. Karena pantai ini punya ombak yang cukup besar. Disekitar pantai juga terdapat hotel, sehingga Anda bisa menginap disini jika ingin tinggal lebih lama lagi dan menikmati indahnya sunrise dan sunset di pantai ini dengan lebih leluasa.

4. Gua Sumur Mudal

Ternyata pangandaran juga memiliki tempat wisata gua alam yang jadi salah satu tempat wisata yang banyak diminati  wisatawan dari berbagai daerah, yaitu Gua Sumur Mudal.

Nama gua ini dulunya berawal karena konon dulu air dari dalam gua ini sampai meluap sehingga diberi nama Sumur Mudal.

Gua ini memiliki leenda sebagai sumber air minum dan masak pada jaman kerajaan. Disini Anda bisa melihat kondisi gua alami lengkap dengan stalakmit dan stalaktitnya.

5. Curug Bojong

Dulu air terjun ini bernama Curug Sawangan. Akan tetapi sekarang ini dikenal oleh wisatawan sebagai curug bojong. Mungkin karena air sungainya berasal dari Kampung Bojong yang ada disana

Curug ini punya pemandangan yang masih asri dan air terjun keren dengan kolam alami yang tersedia dalam berbagai ukuran dan kedalaman. Disini Anda juga bisa ikut river tubing lho!

6. Pantai Keusik Luhur

Tempat wisata ini terletak di Desa Kertamukti, Kec Cimerak dan memiliki jarak kisaran 45 KM dari pusat Pangandaran. Tempat wisata ini memiliki keindahan hasil dari perpaduan pemandangan alam berupa pegunungan dan juga air laut yang berwarna biru, keindahan ini adalah ciri khas dari tempat wisata ini.

7. Santirah River Tubing

Jika anda adalah salah satu yang suka wisata air yang lebih menantang, maka Anda wajib berkunjung ke Santirah river tubing. Di tempat wisata ini anda bisa merasakan serunya berarung jeram akan tetapi arung jeram disini tidak menggunakan perahu karet, tapi menggunakan ban besar.

Aliran sungai yang ada di Desa Selasari ini tentunya akan membuat Anda basah dan terombang ambing di antara dua arus dan bebatuan yang ada di sungai Santirah ini.

8. Saung Muara

Jika Anda sedang mencari area yang bisa digunakan berkemah ketika di Pangandaran, maka Saung Muara adalah tempat yang tepat untuk berkemah. Saung muara ini terletak di bagian ujung Jalan Pamugaran, lokasi yang bisa ditempuh dari pintu masuk menuju Pangandaran ini lalu belok kanan dan perjalanan dari sana sekitar 1 KM. Di tempat wisata ini anda bisa menikmati udara sejuk dan mangrove di sekelilingnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati pemandangan para nelayang yang sedang mencari ikan. Fasilitas yang dimiliki saung menara ini ada gazebo dan juga mushola. Jika Anda lapar, disini juga tersedia kuliner yang nikmat di sepanjang pantai.

Di tempat wisata ini anda bisa menikmati matahari terbenam sambil makan bersama dengan keluarga maupun teman.

Nah. tempat wisata mana saja yang paling ingin dikunjungi jika berkunjung ke Pangandaran?