Wajib Diketahui Bagi yang Pertama Mengendarai Honda EM1 e:

HONDA EM1 e: - Pengunjung tengah melihat-lihat motor listrik pertama Honda EM1 e:, di dealer Astra Honda Motor Jawa Tengah, di Jalan Gajah Mada Semarang, Jumat (16/2/2024). FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tren motor listrik masih hangat jadi perbincangan di tengah masyarakat. Sejumlah perusahaan mulai berlomba-lomba meluncurkan kendaraan yang dinilai ramah lingkungan.

Tak terkecuali Astra Honda Motor melalui produk Honda EM1 e:. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali akan mengendarai motor Honda EM1 e:, ini yang harus diketahui, seperti yang diungkap Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng :

1. Ergonomi EM1 e:
– Memiliki seat high sama dengan Honda BeAt 740 mm
– Memiliki lebar setara Scoopy (EM1 e: 680 mm, Scoopy 683 mm)
– Paling pendek jika tanpa Bracket (jika menggunakan bracket setara Genio, EM1 e: 1860 mm, Genio 1862 mm)
Dengan data perbandingan di atas maka menyesuaikan posisi tangan, kaki, dan duduk.

2. Pengereman EM1 e:
Pada EM1 e: memiliki bobot 94 kg lebih berat dari BeAt 89 kg. Mohon bisa mencoba kemampuan rem terlebih dahulu agar mengetahui seberapa kekuatan dan kenyamanan rem dalam memberikan feedback ke pengendara. Disarankan mengetahui kemampuan rem sebelum melakukan akselerasi.

3. Akselerasi EM1 e:
EM1 e: memiliki torsi 90 NM/25 RPM, mesin BeAt 9,3 NM/5.500 RPM dan Forza 24 NM/6.250 RPM. Motor Listrik Honda memiliki torsi yang besar namun keluaran tenaga diatur oleh Power Control Unit agar memiliki kurva liner (merata) tapi tetap bertenaga dan kecepatan motor dilimitasi 48 km/jam on Panel Meter.

4. Suspensi EM1 e:
Dilengkapi rangka Underbone (khusus EV), suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. Pengendara bisa menikmati peredaman dari permukaan jalan tidak rata, kemampuan suspensi menjaga agar kendaraan tidak mengayun tapi tetap nyaman. Kemampuan suspensi depan tidak menukik ketika pengereman, sehingga menambah rasa aman dan kemampuan suspensi memberikan rasa stabil dan feedback dari ban dari permukaan jalan.

5. Manuver EM1 e:
EM1 e: memiliki jarak sumbu roda 1300 mm. (V160 1277 mm dan PCX 1313 mm). Ukuran ban depan EM1 e: 90/90 – 12 44) dengan lebar telapak ban 90 mm, ring 12 inchi, beban max yang mampu diterima 160 kg. Kecepatan maksimum 100 km/jam. Dan komponen terberat dari EM1 e: adalah Battery Power Unit berada di tengah dan penyaluran tenaga yang lembut, sehingga motor ini mudah dikendalikan dan lincah. (Ban belakang EM1 e: 100/90 – 10 56J, maksimal beban 224 kg).(aln)