Walah! Tol Semarang-Demak Ditutup Lagi

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Jumat tanggal 2 Desember 2022 mulai pukul 18.00, ruas tol Semarang-Demak (Seksi II/ Sayung-Dema) resmi ditutup kembali oleh PT PP. Tol akan dibuka kembali 18 Desember untuk arus Natal dan Tahun Baru.

Humas PT PP Tol Semarang Demak Robi Sumarna mengatakan, penutupan tersebut sudah sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya yakni dari tanggal 18 Oktober sampai 18 November.

Seperti diberitakan sebelumnya jalan Semarang Demak yang belum selesai pengerjaannya terpaksa dibuka sementara untuk mengurai kemacetan jalan Semarang Demak akibat dibongkarnya jembatan Wonokerto.

Namun kini setelah jembatan Wonokerto berfungsi normal arus sudah kembali normal sehingga jadwal penutupan jalan tol bisa dilakukan sesuai jadwal.

Menurut Robi penutupan tersebut dilakukan untuk uji Layak fungsi jalan tol, seperti pengecekan detail saluran air, pagar, mata kucing, rambu, pintu gerbang apakah bisa dilakukan buka tutup.

“Kita kemarin sudah melakukan simulasi buka tutup gerbang dan berjalan lancar,” ujar Robi.

Dari pengecekan tersebut jika memang ada temuan tentunya akan diperbaiki. Jika hanya kerusakan minor masih bisa dengan cepat diperbaiki. Namun jika kerusakan mayor tentunya memakan waktu yang lama karena harus mengganti semuanya.

” Saat ini marka banyak yang rusak gara-gara belum waktunya dilewati, namun karena percobaan jalan. Akhirnya banyak marka yang rusak,” jelasnya.

“Ada waktu 3 hari untuk cek dan dilakukan perbaikan sehingga tanggal 18 bisa dibuka kembali untuk Nataru,” imbuh Robi.

Ditambahkan Robi, bahwa selama sebulan jalan tol dibuka, sudah ada 10 kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Rata-rata karena para pengendara abai dengan membuat konten saat melaju di jalan tol.

” Kebanyakan mereka melaju dengan kecepatan tinggi sekitar 140km per jam, atau diatas ketentuan yang sudah kemi tetapkan,”pungkasnya. (adi/jan)