Beranda Jateng Walikota Apresiasi Pusaka untuk Ketahanan Keluarga

Walikota Apresiasi Pusaka untuk Ketahanan Keluarga

23
Pusaka Salatiga : Walikota Salatiga Yuliyanto didampingi istri Titik Kirnaningsih, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayata dan Kepala DP3APPKB Henni Mulyani saat meresmikan Pusaka. ( foto : dekan bawono/ jateng pos).

JATENGPOS.CO.ID,  SALATIGA – Walikota Salatiga, Yuliyanto mengapresiasi inovasi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Salatiga Henni Mulyani berkaitan pelayanan Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA). Layanan pengaduan dan konsultasi secara online tersebut bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan keluarga yang muncul di masyarakat.

“ Saya menyambut baik dan mengapresiasi peresmian Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA), saya berharap pemerintah dapat membantu memberikan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan isu-isu sosial dari lingkungan keluarga. Semakin (PUSAKA) banyak diketahui oleh masyarakat, maka masyarakat Salatiga akan lebih sejahtera,” tandas Yuliyanto saat meresmikan Pelayanan Terintegrasi Lintas Fungsi PUSAKA pada DP3APPKB, Rabu ( 9/6) kemarin.

Dikatakannya, PUSAKA tidak hanya fokus dalam perlindungan terhadap korban kekerasan, tetapi juga menjadi wahana untuk mengedukasi masyarakat mengenai berbagai permasalahan keluarga. Dengan adanya fungsi edukasi, diharapkan akan dapat meminimalisir munculnya konflik-konflik di ranah keluarga.

“Ini merupakan bagian dari penjabaran Misi RPJMD 2017-2022 yang ditindaklanjuti oleh DP3APPKB, dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi seluruh masyarakat Salatiga apabila terjadi permasalahan keluarga. Sebab, melalui website PUSAKA, masyarakat bisa mengadukan atau berkonsultasi mengenai masalah keluarga dari rumah atau dari manapun melalui handphone,” ujar Yuliyanto.

Kepala DP3APPKB Henni Mulyani menjelaskan PUSAKA merupakan sinergitas dari OPD, instansi vertikal, stake holder, LSM, akademisi dan media massa di Kota Salatiga, yang berperan aktif dan pro aktif berkontribusi dalam mewujudkan keluarga yang bahagia, harmonis dan sejahtera di masyarakat. Pelayanan PUSAKA secara offline juga dapat dilakukan di Kantor DP3APPKB Jln. Hasanudin 110 Salatiga pada hari dan jam kerja. Sedangkan secara online, pelayanan dilakukan selama 24 jam melalui call center di 081 212 160 212.

“Konseling bisa dilakukan untuk permasalahan bayi, anak, remaja, lansia, Keluarga Berencana, pra nikah dan stunting. Atau jika masyarakat melihat bahkan mengalami kekerasan dalam rumah tangga, dijamin identitas pelapor aman. Selain itu PUSAKA juga menyediakan data kependudukan, layanan rehabilitasi, dan trauma healing tidak berbayar,” ungkap Henni.(deb)