Warga Panggung Lor Jaga Kerukunan

KEBERSAMAAN : Walikota Semarang Hendrar Prihadi memotong tumpeng dalam acara pesta rakyat bersama warga Kelurahan Panggung Lor Kecamatan Semarang Utara, Minggu (25/8).
KEBERSAMAAN : Walikota Semarang Hendrar Prihadi memotong tumpeng dalam acara pesta rakyat bersama warga Kelurahan Panggung Lor Kecamatan Semarang Utara, Minggu (25/8).

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Guna meningkatkan rasa nasionalisme dan mempererat kerukunan antar warga ribuan warga Kelurahan Panggung Lor Kecamatan Semarang Utara mengikuti gelaran pesta rakyat dan panggung gembira Minggu (25/8). Acara yang diawali dengan gerak jalan sehat ini juga sebagai bentuk rasa syukur warga memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Setelah acara gerak jalan warga juga menyediakan suguhan makanan tradisional dan lomba lomba seperti tumpeng, nyanyi dan sebagainya. Tidak hanya itu tabuhan iringan barong say penuh semangat mengiringi dua barong say untuk menghibur warga setelah berjalan kurang lebih satu kilometer.

Warga disambut dengan aneka jajanan pasar tradisional dan makanan khas soto semarang yang bisa dinikmati secara gratis. Yang membuat acara semakin meriah dalam acara ini adalah kehadiran Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang ikut meramaikan acara.

Dalam sambutanya Walikota mengingatkan pentingnya rasa nasionalisme dan menjaga NKRI adalah hal yang tidak bisa ditawar. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan bisa menjadi contoh kerukunan hidup di masyarakat yang baik mengingat Kelurahan Panggung Lor memiliki keragaman etnis namun bisa hidup harmonis berdampingan.

Sementara itu ketua panitia pesta rakyat Haryanto Haryawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut terwujud berkat adanya sinergi yang erat antara warga RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan yang selalu menjaga kekompakan dalam bermasyarakat. ”Tanpa adanya hubungan yang baik tentu kegiatan seperti ini akan sulit terwujud dan gesekan diantara warga bisa setiap saat terjadi,” katanya.

Bagi warga yang beruntung dalam kegiatan kali ini juga disediakan puluhan hadiah mulai dari kendaraan bermotor sepeda listrik dan alat elektronik yang diundi melalui kupon yang telah dibagikan. Diharapkan kegiatan semacam ini bisa untuk memupuk rasa nasionalisme serta makin mempererat persaudaraan antar warga meskipun dari suku/agama yang berbeda-beda. (prast/biz/sgt)