West Ham United vs Manchester City

City Incar Juara Kelima

39
West Ham United vs Manchester City

JATENGPOS.CO.ID,  LONDON – Juara abadi Piala EFL/Carabao Cup Manchester City akan melanjutkan pencarian mereka untuk kemenangan kelima berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kompetisi ketika mereka menghadapi West Ham United di babak 16 besar di London Stadium, Kamis (28/10/2021) dinihari pukul 01:45 WIB, disiarkan langsung Mola TV.

Juara bertahan belum tersingkir dari kompetisi sejak Oktober 2016, lima tahun lalu tetapi menghadapi tim West Ham yang mengalahkan Manchester United di babak terakhir.

Di putaran sebelumnya, West Ham mengalahkan rival sekota Manchester City, yakni Manchester United. Anak-anak asuh David Moyes menang 1-0 di Old Trafford lewat gol tunggal Manuel Lanzini.

Sementara itu, Manchester City mengawali langkahnya di kompetisi ini dengan membantai Wycombe 6-1 di Etihad Stadium. Tim besutan Josep Guardiola itu menang lewat gol-gol Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez (2), Phil Foden, Ferran Torres, dan Cole Palmer.

Di Premier League akhir pekan kemarin, Manchester City menumbangkan tuan rumah Brighton 4-1 lewat gol-gol Ilkay Gundogan, Phil Foden (2), dan Riyad Mahrez. West Ham menaklukkan Tottenham 1-0 di London Stadium lewat gol tunggal Michail Antonio.

Dengan hasil itu, berarti Manchester City maupun West Ham sama-sama memenangi ketiga pertandingan terakhir di semua kompetisi. Duel mereka nanti pun sepertinya bakal berlangsung cukup sengit.

Lima tahun sejak terakhir, dominasi Manchester City di turnamen EFL ini selama beberapa tahun terakhir cukup luar biasa. Keberhasilan lain tahun ini akan membuat mereka menjadi yang pertama memenangkannya lima musim berturut-turut dan juga akan melihat mereka keluar sebagai klub paling sukses dalam sejarah kompetisi, menyalip rekor saat ini yang mereka bagikan dengan Liverpool di kedua sisi.

Liverpool adalah satu-satunya tim yang menikmati rekor tak terkalahkan lebih lama dalam kompetisi, mencatatkan 25 pertandingan tanpa tersingkir antara 1980 dan 1984, tetapi Man City juga mendekati rekor itu dan kemenangan pada hari Rabu akan membuat rekor mereka diperpanjang menjadi 22.

Keberhasilan seperti itu memungkiri persepsi bahwa tim-tim besar tidak menganggap serius kompetisi ini, dengan Pep Guardiola mengembangkan filosofi di dalam skuatnya bahwa setiap trofi dapat dimenangkan dan diinginkan.

Tim tamu masuk ke babak 16 besar ini dengan tiga kemenangan berturut-turut di semua kompetisi, mencetak 11 gol dalam waktu itu termasuk sembilan dalam dua pertandingan tandang terakhir mereka.

Kemenangan meyakinkan 4-1 Sabtu atas Brighton & Hove Albion, yang masuk ke pertandingan itu dengan duduk di empat besar, adalah pernyataan sukses lain bagi juara Liga Premier, meskipun tidak cukup pada level yang sama dengan kemenangan 7-0 Chelsea atas Norwich City atau Liverpool menang 5-0 atas Manchester United.

Sementara persaingan untuk kejayaan Liga Premier sedang dibentuk menjadi perlombaan tiga kuda musim ini, kesuksesan di Piala Liga hampir diberikan di musim-musim terakhir dan mereka maju ke babak keempat dengan sangat cepat.

Lima pemain berbeda masuk daftar pencetak gol saat tim muda Man City memukul League One Wycombe Wanderers dengan enam gol, meskipun mereka bisa berharap untuk menghadapi lawan lebih keras West Ham di pertengahan pekan.

The Hammers sebenarnya diuntungkan dari kemenangan akhir pekan Man City atas Brighton karena membuka pintu bagi mereka untuk naik ke empat besar, sebuah undangan yang mereka manfaatkan dengan mengalahkan rival Tottenham Hotspur berkat serangan frontal Michail Antonio.

Hasil itu membuatnya menjadi tiga kemenangan dan tiga clean sheet berturut-turut di semua kompetisi, dan enam kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir mereka, rekor kemenangan 1-0 atas Man United di babak sebelumnya.

Arsenal pada 1977-78 adalah satu-satunya tim yang telah menyingkirkan kedua klub Manchester dalam kampanye Piala Liga yang sama sebelumnya, dan jika West Ham bergabung dengan daftar yang sangat pendek itu maka mereka akan mencapai perempat final untuk pertama kalinya sejak 2017-18.

Pasukan David Moyes sejauh ini membuat pekerjaan ringan dari jadwal sibuk mereka musim ini, membukukan rekor Liga Europa yang sempurna di samping tempat empat besar Liga Premier mereka, sehingga pertandingan lain secara berurutan tidak akan mengganggu mereka pada hari Rabu atau Kamis dinihari WIB.

Namun, sementara mereka menang lebih sering daripada tidak di depan penggemar mereka sendiri sejauh ini pada musim 2021-22, dua kekalahan mereka musim ini juga terjadi di London Stadium, dan rekor mereka dalam pertandingan melawan Manchester City bukanlah pertanda baik.

The Hammers tidak pernah menang dalam 12 pertemuan terakhir mereka dengan pasukan Guardiola, kalah 10 kali dan kebobolan 35 gol dalam prosesnya, sementara mereka belum pernah menang di kandang dari lawan hari Rabu selama lebih dari tujuh tahun.

Dua pertandingan Piala Liga mereka sebelumnya dengan Man City juga berakhir dengan kekalahan – termasuk kekalahan agregat 9-0 di semi-final 2013-14 – meskipun mereka telah memenangkan dua dari tiga pertandingan Piala Liga terakhir mereka melawan pemegang trofi. Prediksi skor West Ham 1 – 2 Manchester City. (bola/riz)