XL Axiata Raih Sertifikasi Carbon Disclosure Project

Tingkatkan Penerapan Prinsip ESG

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya meningkatkan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasi bisnis. Salah satu upaya yang terus dilakukan adalah mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Terkait hal ini, XL Axiata baru saja meraih sertifikasi Carbon Disclosure Project (CDP) dengan nilai B pada submisi pertama, sebagai pengakuan atas komitmen perusahaan terhadap praktik transparansi lingkungan dan upaya-upaya keberlanjutan.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Mirza mengatakan, XL Axiata berhasil meraih sertifikasi CDP setelah menunggu proses penilaian selama kurang lebih lima bulan. Sertifikasi terkait penerapan prinsip ESG diterbitkan oleh organisasi nirlaba dengan nama yang sama, yaitu CDP.

“Dalam upaya meraih sertifikasi ini, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah nyata dan salah satu yang terpenting adalah melakukan inventarisasi emisi karbon pada cakupan 1, 2 dan 3 yang nantinya akan menjadi referensi bagi target pengurangan jejak karbon,” katanya.

Keberhasilan meraih sertifikasi ini merupakan bukti dedikasi dan komitmen perusahaan atas beberapa upaya, meliputi Pengurangi jejak karbon, Penerapkan praktik-praktik berkelanjutan, dan Penerapkan strategi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan di seluruh aspek operasional perusahaan.

Sertifikasi CDP tidak hanya menunjukkan kemajuan perusahaan dalam memitigasi risiko perubahan iklim, tetapi juga memposisikan XL Axiata sebagai pemimpin dalam industri dengan memberikan contoh positif untuk diikuti oleh pihak lain. Pencapain XL Axiata ini sekaligus menegaskan komitmen perusahaan terhadap transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan kinerja lingkungan yang berkelanjutan.

“Keberhasilan XL Axiata meraih sertifikasi CDP ini menjadi momentum yang sangat baik untuk mendorong kemajuan lebih lanjut dalam perjalanan serta keberlanjutan perusahaan dalam penerapan prinsip ESG. Selanjutnya, XL Axiata akan terus menjajaki peluang-peluang baru, menetapkan target-target terukur, dan bekerja sama untuk memberikan dampak yang berarti bagi planet dan masyarakat kita. Saat ini, XL Axiata juga masih berupaya keras untuk meraih sejumlah sertifikasi lainnya,” imbuh Reza.

Sebagai institusi, CDP bermitra dengan berbagai lembaga dan organisasi di seluruh dunia, termasuk institusi keuangan, badan pemerintah, dan organisasi nonprofit untuk memastikan keakuratan dan relevansi informasi yang disediakan. CDP dalam ranah ESG dapat dilihat dari reputasinya sebagai salah satu sumber data terkemuka di dunia terkait dengan tindakan perusahaan dalam mengelola dampak lingkungan dan perubahan iklim.

Para investor, pemerintah, dan organisasi nonprofit mengandalkan data yang disediakan oleh CDP untuk membuat keputusan investasi, kebijakan, dan strategi bisnis yang berkelanjutan.(aln)