Xl Axiata Realisasiskan Nelayan Go Online

Xl Axiata memberikan dukungan perangkat sebagai penunjang program Negara Go Online kepada masyarakat. FOTO : DOK/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SABANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Dalam kesempatan ini Xl Axiata bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika merealisasikan program “Nelayan Go Online” bagi nelayan di berbagai daerah. Kali ini implementasi dilakukan di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.

Dalam beberapa bulan terakhir, XL Axiata telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program “Nelayan Go Online” berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) di sejumlah daerah.

Penyaluran telah dilakukan antara lain di Makasssar, Medan, Banda Aceh, Lampung, dan Banyuwangi. Di Sabang, penyaluran program dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sabang Fair Kota Sabang, bersamaan dengan acara Jambore IPTEK – Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Minggu (3/12).

iklan
Baca juga:  JNE Bagikan Daging Kurban dan Hadirkan Promo Spesial Idul Adha

Mewakili manajemen XL Axiata, RSM Aceh, Trisna Gunawan memaparkan dukungan XL Axiata pada Program Nelayan Go Online dengan aplikasi Nelpin, sekaligus secara simbolis menyerahkan perangkat yang dimaksud kepada komunitas nelayan.

Francky Rinaldo Pakpahan, Vice President West Region Xl Axiata mengatakan, Program “Nelayan Go Online” ini merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata dalam mendukung kalangan nelayan untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan produktivitas, serta keselamatan selama melaut.

Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL Axiata. Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian Nelpin, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program “Nelayan Go Online” ini. “Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap iklan dengan memanfaatkan Nelpin,” imbuhnya.

Baca juga:  Jaringan 5G XL Axiata Siap Sukseskan Balap MotoGP Mandalika

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos & Informatika Kominfo, Dr. Ir. Ismail MT mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah XL Axiata yang mengambil bagian dalam program peningkatan produktivitas masyarakat nelayan dengan memanfaatkan sarana berteknologi digital aplikasi Nelpin ini.

Program “Nelayan Go Online” dengan Nelpin ini memang searah dengan visi Kementerian Kominfo yang terus mendorong perluasan jaringan infrastruktur data hingga ke pelosok daerah. Termasuk juga mendorong pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

Aplikasi Nelpin memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan.

Baca juga:  Layanan Xplor Dibuka di Kopo Bandung

Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi Nelpin dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air. (aln/mar)

iklan