XL Axiata Terus Genjot Layanan Data

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini. FOTO : (IST/ANING KARINDRA/JATENG POS)
JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Pertumbuhan layanan data terus mendorong pencapaian pendapatan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di semester 1/2018 ini. Tercatat pendapatan layanan data meningkat sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Capaian ini sekaligus menunjukkan terus meningkatnya kontribusi layanan data terhadap total pendapatan layanan per triwulan ke/2 2018 hingga mencapai 79 persen, lebih tinggi dari capaian tahun lalu di periode yang sama sebesar 67 persen.
Selain itu, pada paruh pertama 2018 ini, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 2 persen YoY dengan marjin meningkat menjadi 36,0 perse sebagai dampak dari meningkatnya pendapatan dan upaya efisiensi biaya.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, kinerja XL Axiata di semester pertama 2018 mencerminkan dinamika industri yang semakin kompetitif, dibarengi dengan adanya perubahan struktural di pasar prabayar berupa kewajiban registrasi SIM prabayar.
Meskipun dihadapkan pada kondisi industri yang sangat menantang saat ini, XL masih berhasil meraih pertumbuhan pendapatan di periode ini.
“Selain itu, kewajiban registrasi SIM Prabayar juga memberikan hasil yang positif bagi XL Axiata,” katanya.
Dari performa semester pertama dan dinamika yang terjadi di industri saat ini, lanjutnya, XL masih yakin adanya peluang yang lebih baik di semester dua, termasuk jika nanti tarif data yang lebih rasional jadi diberlakukan.
Dian menegaskan, keberhasilan kali ini tidak terlepas dari keberhasilan implementasi strategi transformasi yang telah dilaksanakan secara disiplin. Strategi transformasi yang diimplementasikan sejak tahun 2015 lalu tersebut telah membantu membangun fondasi bisnis yang lebih kuat, tercermin dari pencapaian kinerja positif semester ini, meskipun terjadi kompetisi yang ketat pada tarif data, juga adanya kewajiban registrasi SIM prabayar.
“Pertumbuhan pendapatan sebesar 1 persen YoY di semester pertama ini ditopang terutama oleh pertumbuhan yang berkelanjutan pada layanan Data,” ujarnya.
Dijelaskan, XL Axiata juga tetap berfokus pada layanan Data melalui strategi dual brand, yang diperkuat dengan investasi untuk jaringan berkualitas dan berkelanjutan, sehingga menjadi fondasi kuat bagi XL Axiata untuk tetap bisa meraih peluang dari terus meningkatkan permintaan layanan data di Indonesia.
“Kinerja XL Axiata saat ini juga menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan strategi dual brand di mana merek XL dan AXIS mampu memenuhi ekspektasi segmen pasarnya masing-masing melalui penawaran produk Data yang inovatif dan menarik. Penawaran produk inovatif seperti paket bundel smartphone dan juga paket khusus pada periode Lebaran lalu, yang juga berkontribusi pada kinerja kuartal ini,” jelasnya. (fid/aln)
Baca juga:  MU Percaya Diri
iklan