Yayasan Al Qodar Akan Membangun Gedung TPQ Plus

18
DIBANGUN : Peletakan batu pertama pembangunan gedung TPQ Plus di kompleks masjid Al Qodar di Kelurahan Sendangmulyo Keamatan Tembalang.

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Yayasan Al Qodar Sendangmulyo Semarang akan membangun gedung untuk TPQ Plus berlantai dua. Lokasi pembangunan gedung TPQ Plus di samping Masjid Al Qodar. Selain akan membangun gedung TPQ Plus, yayasan Al Qodar juga akan menghidupkan ekonomi kreatif melalui koperasi konsumtif.

Hal ditu diungkapkan Ketua Yayasan Al Qodar Sendangmulyo, Isdiyanto Isman SIP dalam Rapat Kerja (Raker) Yayasan Al Qodar di Masjid Al Qodar. Raker dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina KH Sugiono, Sekretaris Pengawas Yayasan Al Qodar Zaenal Arifin, Ketua Yayasan Isdiyanto Isman, Ketua Bidang Takmir KH Ali Mustofa Hamdan, dan seluruh pengurus Yayasan Al Qodar.

”Kami sudah meminta bidang sarana dan prasarana untuk mendesain gambar gedung untuk TPQ Plus sekaligus membuat rencana anggaran yang dibutuhkan,” katanya. Menurutnya, kebutuhan gedung TPQ sudah sangat diperlukan karena jumlah santri yang belajar di TPQ Plus semakin banyak. Saat ini ada sekitar 120 santri terdiri atas santri usia dini, anak, dan remaja.

”Bahkan, ada usulan untuk dibuka kelas usia dewasa untuk pembelajaran baca Al Quran. Kami telah menugaskan bidang pendidikan dan kepemudaan untuk menindaklanjuti masukan dari jamaah masjid itu,” ungkapnya.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kepemudaan Yayasan Al Qodar, Choirul Ulil Albab mengatakan, tujuan TPQ Plus adalah menanamkan aqidah kepada anak-anak dan remaja. Selain itu juga menyiapkan anak dan remaja untuk bisa membaca dan menulis Alquran serta membekali ilmu agama islam yang kuat.

”Metode pembelajaran Alquran dan agama islam dilakukan tatap muka selama 90 menit setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 15.30,” tuturnya. Ketua Takmir Masjid Al Qodar, KH Ali Mustofa Hamdan mengatakan, program takmir antara lain pengajian yasin tahlil dan tanya jawab keagamaan, pengajian Riyadlush Sholihin dan Nashikhul ‘Ibad, pengajian Tafsir Alquran, Maulidir Rasul, Seni Tilawah Alquran.

”Untuk hari-hari besar islam, kami juga memprogramkan diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw, penringatan Nuzulul Quran,” jelasnya. Adapun untuk kegiatan sosial, katanya, pihaknya akan mengadakan donor darah dan khotmil Quran, santunan kaun dhuafa, santunan anak yatim piatu, kaum dhuafa menyambut tahun baru Hijriyah 1444 H.

”Untuk program kegiatan tahunan, takmir masjid akan mengadakan sholat Tarawih dan kultum Ramadan, kultum Subuh bulan Ramadan, tadarus Alqurandan khataman, Iktikaf dan sahur bersama, takbir Idul Fitri, shalat Idul Fitri, takbir keliling Idul Adha, sholat Idul Adha, dan penyembeliahan kurban,” tandasnya.

Ketua Bidang Ekonomi Yayasan Al Qodar, Hamboro mengatakan, ada lima program yang akan dijalankan yakni prpgram Jumat beras berkah, kegiatan kolam pembesaran ikan nila/lele, penjualan bibit tanaman hias atau tanaman buah-buahan, persewaan space ruang iklan di sisi depan selatan masjid, serta persewaan space ruang ATM boxdepan utara masjid.

”Untuk program Jumat beras Berkah, kami akan menjual beras dengan harga murah setiap Jumat pukul 08.00-10.30. Kami berharap, dengan program ini membantu warga memperoleh beras dengan harga murah berkualitas bagus,” jelasnya. (sgt)