Asyiknya Belajar IPA dengan Inside Outside Circle

Eko Susilowati, S.Pd.SD Guru SDN 03 Yosorejo Kec Petungkriyono Pekalongan

Pendidikan IPA di Sekolah Dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Menurut Soetomo (2015:35) Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Salah satu materi IPA pada siswa kelas VI terdapat pada KD. 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

Kegiatan pembelajaran IPA kelas VI di SDN 03 Yosorejo Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan masih belum bisa berjalan secara maksimal. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Mereka belum bisa memahami dan mengidentifikasi materi tersebut sebagai bagian dari benda kongkret dengan tepat. Selain itu Kegiatan pembelajaran yang terjadi masih searah. Siswa terfokus pada guru serta buku pelajaran pada saat guru menyampaikan materi. Pemahaman dan penguasaan materi dari siswa yang masih minim tentang IPA ditambah dengan kurangnya variasi dalam memilih metode dan media pembelajaran menjadikan siswa menjadi bosan  dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Akibatnya hasil nilai yang didapat  pada penilaian harian masih banyak yang belum mencapai ketuntasan minimum. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan memilih  model pembelajaran yang menarik.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Mapel Korespondensi dengan Whatshapp

Menurut Ngalimun (2016:124) Model pembelajaran Inside Outside Circle atau diterjemahkan sebagai model pembelajaran Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar adalah model pembelajaran koopertaif  dimana dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan. Adapun langkah langkah pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut : Pertama, Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, apersepsi, motivasi, dilanjutkan dengan membagikan lembaran tugas berisi topik materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan kepada siswa untuk dipelajari. Setelah siswa mempelajari materi tentang pecahan tahap selanjutnya adalah membuat nlingkaran. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya. Langkah terahir Guru dan siswa menarik simpulan bersama.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Aplikasi Zepeto dan Kinemaster

Aktifitas pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas VI SDN 03 Yosorejo Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan dapat mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa. Siswa tidak hanya menghafal materi yang diberikan guru, namun siswa dapat memahami yang dipelajari dan mampu menelaah materi IPA dengan baik. Dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 53,2% meningkat menjadi 82,7%, dengan demikian indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik.

iklan

 

Eko Susilowati, S.Pd.SD

Guru  SDN 03 Yosorejo Kec Petungkriyono Pekalongan

iklan