Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan dan mempengaruhi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berlangsung sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini. Pembelajaran tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka, tetapi melalui pembelajaran jarak jauh(PJJ) sesuai dengan kebijakan pemerintah.Namun,kebijakan yang diharapkan menjadi solusi atas situasi pandemi justru menimbulkan masalah semakin rumit jika masuk ke ranah pembelajaran praktik di instansi pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Jika dikaji pendidikan berbasis vokasi tersebut kurang efektif menggunakan pembelajaran dalam jaringan (daring).Hal tersebut dikarenakan peserta didik SMK memerlukan praktik untuk mendukung keahlian yang dialami
SMK bertujuan menciptakan lingkungan belajar seperti kondisi nyata di lingkungan kerja.Setelah lulus SMK, peserta didik harus siap bersaing memasuki dunia kerja. Oleh karena itu materi pembelajaran di SMK juga didominasi materi praktik, Sebagai contoh untuk peserta didik dengan kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 1 Miri Sragen kelas XI semester gasal dibekali keterampilan melakukan pengukuran tahanan isolasi Instalasi Penerangan pada Bangunan Sederhana.
Untuk mewujudkan lingkungan yang diinginkan seperti diatas saat pandemi ini tidak mudah. Banyak kendala yang dihadapi para guru untuk mengajar materi praktik, seperti pembelajaran praktik melakukan pengukuran tahanan isolasi Instalasi Penerangan Sederhana
ini yang seharusnya dilakukan dengan demonstrasi langsung, tetapi saat pandemi ini tidak bisa dilakukan .
Tenaga pendidik dalam pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh, memegang peranan penting dalam pembelajaran. Guru SMK dituntut mampu membawa peserta didik pada ketuntasan belajar agar peserta didik mampu berkompetisi di dunia kerja.Guna mempersiapkan hal tersebut,guru perlu mengemas pembelajaran yg menarik juga menyenangkan bagi peserta didiknya.
Kegiatan pembelajaran dengan aplikasi Google Classroom yang digunakan untuk menyampaikan materi teori bisa efektif, namun untuk pembelajaran praktik pengukuran tahanan isolasi Instalasi Penerangan pada Bangunan Sederhana kurang efektif.Dengan modul,guru tidak dapat memberikan contoh nyata karena hanya sebatas tulisan dan gambar.Peserta didik pun kesulitan memahami modul belajar mereka, akibatnya penguasaan materi peserta didik kurang, dalam proses belajar peserta didik pasif.
Pembelajaran jarak jauh bagi guru,khususnya guru praktik SMK tidak semudah yang dibayangkan.Selain materi teori,terdapat materi praktik yang berkaitan dengan industri di bidang ketenagalistrikan, seperti melakukan pengukuran tahanan isolasi pada sebuah bangunan sehingga dapat mengamankan manusia dari sengatan listrik, dan mengamankan komponen komponen instalasi dari bahaya tegangan atau arus abnormal.
Pembelajaran daring membuat guru dan peserta didik tidak dapat mendemonstrasikan materi secara langsung. Karena itu,guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat sebagai alternatif pembelajaran praktik pengukuran tahanan isolasi secara online. Media yang cukup interaktif dan dapat dimasukkan dalam aplikasi pembelajaran google classroom adalah video tutorial. Penjelasan dan langkah langkah pengukuran tahanan isolasi pada sebuah bangunan dikemas dengan baik dalam video tutorial dapat menggantikan pembelajaran praktik tanpa harus demonstrasi langsung di sekolah.Video tutorial merupakan rangkaian gambar hidup yang dipergunakan pengajar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.Dalam dunia pendidikan,video tutorial dikenal dengan nama video pembelajaran,(Wirasasmita dan Putra:2018).
Kelebihan video tutorial demonstrasi praktik ini dapat menarik perhatian dan minat peserta didik melalui gambar bergerak,audio dan dapat diputar berulang kali untuk memperjelas pemahaman.Sehingga penggunaan video yang berisi tutorial ini dapat menjadi alternatif dan solusi pengganti pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik .Kedepannya apabila pandemi sudah berkhir metode video tutorial ini dapat diterapkan di kelas XI jurusan TITL SMK N 1 Miri Sragen.
Yudhy Priana Barda Saputro,ST
Guru Produktif TITL
SMK Negeri 1 Miri Sragen