Selama masa pandemi ini pemerintah mengambil kebijakan pembatasan sosial di lingkungan sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.Adanya pembatasan sosial ini menyebabkan terjadinya pengalihan kegiatan belajar mengajar di sekolah – sekolah yang semula dilakukan secara face to face atau tatap muka langsung berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau secara daring.Agar pembelajaran jarak jauh bisa terlaksana dengan baik maka guru harus cermat dalam memilih media pembelajaran.Pemilihan media pembelajaran yang pas,tepat dan bisa diterima oleh peserta didik juga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah di rancang oleh guru.
Pembelajaran yang menarik dapat diperoleh dengan menerapkan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik.Menurut Sadiman dkk (2014:7) Media pengajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran,perasaan,perhatian dan minat penerima sedemikian rupa sehingga proses belajar yang baik dapat terjadi. Mengacu dari pendapat tersebut guru harus bisa memilih media belajar yang pas dimasa pandemi ini agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan tidak membosankan bagi peserta didik.
Penulis sebagai guru sosiologi di SMA Negeri 1 Sumberlawang menggunakan media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran jarak jauh guna menghindari peserta didik yang merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi.Dengan media quizizz ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan pada pembelajaran sosiologi materi perubahan sosial,terutama untuk membantu meningkatkan keaktifan, semangat dan prestasi belajar peserta didik khususnya di kelas XII IPS 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
Quizizz merupakan web tool untuk membuat permainan kuis interaktif dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam memberikan tugas maupun evaluasi .Melalui quizizz peserta didik bisa belajar sambil bermain kuis interaktif sehingga suasana kegiatan belajar mengajar menjadi asyik,menarik dan menyenangkan. Hal ini disebabkan kuis yang dibuat dalam quizizz memiliki hingga 4 alternatif pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar serta yang membuat menarik lagi dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.Selama menjawab soal kuis peserta didik juga akan di hibur dengan suara musik,gambar animasi lucu dan berpacu dengan waktu untuk segera menjawab soal kuis.
Sebelum mengadakan quizizz, guru memberikan informasi kepada peserta didik terkait materi yang akan digunakan untuk kuis dan tata cara bergabungnya.Soal kuis yang sudah dibuat oleh guru bisa dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan 6 digit kode yang bisa dipakai untuk join atau gabung di quiz menggunakan smartphone atau laptop.Setelah berhasil join atau gabung quizizz peserta didik harus menjawab soal-soal kuis dan berkompetisi dengan peserta didik lainnya.Semakin cepat menjawab soal dengan benar akan mendapatkan skor tersendiri.Selain itu quizizz juga memunculkan ranking yang bersifat live antar peserta quiziz sehingga menjadikan tantangan tersendiri bagi peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran dengan media quizizz ini selain memberikan dampak yang menyenangkan bagi peserta didik juga bisa meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya.Selain itu meminimalisir peserta didik untuk mencontek temannya karena soal yang diberikan sudah diacak.Kelebihan lainnya dapat membantu guru dalam proses evaluasi pembelajaran.memberikan data dan statistik hasil pekerjaan peserta didik secara langsung kepada guru.Laporan yang diberikan quizizz ini cukup detail selain menyajikan jawaban peserta didik juga ada analisis butir soal dan dapat diunduh dalam bentuk file. Hal ini membantu guru untuk koreksi secara langsung hasil belajar peserta didik.
Oleh:
Fungki Setiawan, S.Pd.
Guru SMA Negeri 1 Sumberlawang
Kabupaten Sragen