spot_img
27.4 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Lompat Jauh Melalui Latihan Barrier Hops dengan Quizziz

Pada hakekatnya fokus utama    dalam pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran   yang  efektif, aktif, kreatif    dan menyenangkan.Di dalam belajar lompat jauh siswa melakukan latihan-latihan menguatkan otot kaki dan otot punggung. Agar dapat melakukan gerakan dengan baik diperlukan kemampuan fungsi motorik yang baik. Fungsi motorik manusia terdiri dari  unsur  kekuatan dan kelenturan. Jika kekuatan otot kaki dan kelentukan punggung kuat akan besar pula tenaga atau daya.Kendala yang dihadapi oleh siswa kelas IV SD N  Nguneng Tahun Pelajaran 2021/2022 semester 1 dalam kegiatan belajar lompat jauh adalah anak bosan dengan metode pembelajaran yang monoton setiap harinya.

Strategi guru agar pembelajaran lompat jauh mencapai tujuan yang diinginkan yaitu dengan menggunakan metode barrier hops dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Guru yang memiliki daya inovasi tinggi akan terampil memanfaatkan alat-alat bantu yang fungsinya agar tujuan pembelajaran mudah tercapai.Dan di masa pandemi ini media Quizizz bisa membantu mancapai tuntutan sekaligus tantangan untuk senantiasa meningkatkan keprofesionalannya dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.

Menurut Donal A. Chu (1992:40) latihan Barriers hops adalah latihan yang di lakukan pada gawang-gawang atau rintangan-rintangan yang tingginya (antara 30-90 cm) diletakkan disuatu garis dengan jarak yang ditentukan dengan kemampuan.

Baca juga:  PJJ Daring Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Mengajar di Sekolah

Quizizz adalah alat belajar mandiri yang dapat membantu setiap siswa menikmati proses belajar mereka melalui Quiz. Guru memasukkan Quizizz ke dalam instruksi,ulasan, dan penilaian untuk mendukung siswa.. (https://quizizz.zendesk.com/hc/id-id/articles/360043613452-Memulai-Menggunakan-Quizizz )

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.Untuk yang super bisa upload video pembelajaran(Pelatihan penggunaan Quizziz KLG Jateng 29 juli s.d 4 agustus 2021)

Lompat jauh menurut Aip Syarifudin (1992: 90) adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.Pada saat melayang ada 3 teknik yang berbeda yang dapat digunakan; A = Teknik Menggantung, B = Teknik Mengambang, C = Teknik Berjalan di Udara.

Adapun langakah-langkah untuk melaksanakan latihan barrier hops adalah sebagai berikut:1) Pada posisi awal ambil posisi santai (releks) di samping tali/rintangan yang posisinya rendah dengan kedua kaki menghadap dinding atau tiang. Tangan boleh diayunkan untuk membantu daya angkat, 2) Rangkaian kegiatan yaitu melompat kesamping melewati rintangan tali yang sudah diberikan, lalu ayunkan lutut ke atas untuk melakukan lompatan kesamping melewati rintangan tali yang sudah diukur ketinggianya, lakukan lompatan setinggi mungkin dan lewati rintangan dengan berulang-ulang. (Bompa, 1984: 106)

Baca juga:  Media Kosica Tingkatkan Hasil Belajar IPAS di SD

Berdasarkan hasil analisis data sebagai hasil penelitian meliputi peningkatan hasil belajar lompat jauh dan peningkatan aktivitas siswa melalui latihan barrier hops yang dilaksanakan dalam beberapa tindakan (siklus), yang sebelumnya didahului tindakan observasi awal dengan tujuan untuk mengetahui keterampilan awal kemampuan lompat jauh yang dimilikiBerdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian tindakan pada siklus I terjadi peningkatan pada kemampuan lompat jauh melalui latihan barrier hops dengan media quizizz, yang ditandai dengan peningkatan dari nilai rata-rata observasi awal 62,75% menjadi rata- rata nilai 73,92% pada siklus I. Akan tetapi peningkatan ini belum mencapai  indikator yang ditetapkan dan pada siklus II, terjadi peningkatan kemampuan lompat jauh siswa kelas IV SD N 3 Nguneng menjadi 81,33%.

 

Dwi Kuncoro Hadi ,S.Pd

Guru PJOK SDN 3 Nguneng, Puhpelem, Wonogiri

spot_img

TERKINI