spot_img
26.3 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Menjaga Etos Kerja Guru di Masa Pandemi

Kinerja guru di sekolah dasar harus didorong oleh kekuatan etos kerja yang dimilikinya. Guru sekolah dasar mempunyai peranan yang cukup sentral dalam mengembangkan karakter dan watak peserta didik. Hal ini mengingat bahwa pada jenjang sekolah dasar peserta didik lebih banyak mencari dan membentuk jati dirinya, sehingga sosok guru mutlak diperlukan untuk membantu pembentukan tersebut. Guru sekolah dasar dituntut untuk mencintai sepenuh hati pekerjaan dan para peserta didik. Lebih lanjut Soegijono dalam Harsuki (2003: 98) mengungkapkan bahwa Guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kualitas pendidikan yang turut menentukan kualitas lulusan. Guru sekolah dasar lebih merupakan manusia model yang sedikit banyak akan ditiru oleh para peserta didik baik sikap, gaya, maupun cara bicaranya. Di sinilah perlunya sosok guru, yang mempunyai etos kerja tinggi. Semangat dan kreativitas kerja guru sangat diperlukan agar tercapainya tujuan pendidikan.

Di masa pandemi covid-19 Kepala SDN 01 Tlagasana melakukan beberapa strategi supaya etos kerja guru di sekolah tetap tinggi. Untuk dapat mencapai keberhasilan sekolah guru-guru harus mempunyai etos kerja yang dilandasi dengan kerja keras, disiplin, tanggung jawab, rasa bangga terhadap profesi, kemauan atau kesediaan merubah pola pikir untuk kemajuan, produktifitas, rasional, kreatifitas, inovatif, berfikiran modern, dan berorientasi pada pemecahan masalah. Keberadaan guru sekolah dasar tidak bisa diabaikan bergitu saja, karena mereka bertanggung jawab langsung pada perkembangan peserta didik. Bangsa yang sedang berkembang seperti Indonesia membutuhkan guru, karena guru dapat menyiapkan generasi yang lebih baik. Anik Gufron (1998:1) berpendapat bahwa dalam proses belajar dan mengajar, peranan guru tidak dapat diganti dengan piranti elektronik semodern apapun, hal ini disebabkan didalam proses belajar-mengajar yang diharapkan lebih dari sekedar meyampaikan bahan pelajaran saja, aspek kepribadian juga merupakan hal yang penting dan diharapkan akan mewarnai interaksi edukatif antara guru dengan anak didik. Pendapat tersebut menguatkan posisi dan peran guru yang dapat mempengaruhi generasi yang akan dipersiapkan untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Guru juga merupakan panutan bagi anak didiknya, sehingga tingkah laku guru akan sangat menentukan keberhasilan dalam menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik.

Baca juga:  Menanamkan Disiplin Positif pada anak di Sekolah

Kepala sekolah sebagai pimpinan mempunyai peran dalam meningkatkan etos kerja guru. Motivasi secara ekstrinsik yang dilakukan kepala sekolah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan etos kerja guru. Motivasi yang diberikan kepala sekolah kepada guru dapat dilakukan secara personal maupun kelompok. Secara personal misalnya senantiasa tersenyum ketika bertemu, bersalaman, dan menanyakan kabar guru atau keluarganya. Sedangkan secara kelompok misalnya memberikan tugas tambahan yang sesuai dengan kompetensi guru, memberikan tanggung jawab penuh pada pengelolaan ektrakurikuler, dan melibatkan guru dalam kegiatan sekolah. Kepala sekolah mengupayakan peningkatan etos kerja guru. Pekerjaan guru sudah disejajarkan dengan pekerjaan profesional, sehingga guru harus memiliki perilaku-perilaku profesional termasuk etos kerja profesional yang menempatkan pekerjaan sebagai sebuah bentuk paradigma kesadaran, keyakinan, dan komitmen yang integral. Oleh karena itu, peningkatkan etos kerja profesional guru terutama di sekolah dasar perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak agar terciptanya guru yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Peningkatan etos kerja guru harus terus dilanjutkan dan dilakukan seperti program sertifikasi, pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan, serta berbagai program supervisi lainnya. Selain peran kepala sekolah, kerja sama yang baik antar pendidik dan tenaga kependidikan juga dapat meningkatkan etos kerja guru.

Baca juga:  Cakram Warna Tingkatkan Ketrampilan Siswa Menyederhanakan Berbagai Bentuk Pecahan

 

Oleh

YUSMANTO, S.Pd.SD

Kepala SDN 01 Tlagasana

Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang

spot_img

TERKINI