Matematika adalah suatu pelajaran yang menarik sebenarnya. Tetapi banyak siswa yang kesukaran mengerjakan soal guru. Matematika perlu media untuk membantu siswa mudah menerima materi. Apa lagi pada masa pandemi ini. Guru harus mencari media yang tepat agar pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini juga terjadi di kelas V SDN 1 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Banyak siswa yang mengerjakan tugas, tetapi banyak yang salah dalam pengerjaannya. Guru kelas merasa perlu untuk mencari solusi untuk mencari media yang tepat di masa pandemi ini. Kemudian guru menyiapkan media video pembelajaran langka langki pada materi bilangan bulat negatif dan positif.
Menurut Falahudin (2014:108) media adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan pesan dari pengirim informasi ke penerima informasi. Associationfor Education and Communication Technology (AECT) (dalam Sadiman, dkk, 2010:6) mengartikan media sebagai segala bentuk alat atau benda yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi.
Azhar Arsyad (2011 : 49) menyatakan bahwa video merupakan gambar-gambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa video merupakan salah satu jenis media audio-visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Kemampuan
video melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri. Video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.
Langkah-langkah pembelajaran LangKa LangKi adalah: 1) Guru menyiapkan video LangKa LangKi tentang bilangan bulat positif dan negative. Dalam video guru menjelaskan bilangan bulat Positif dan bilangan bulat Negatif sambil membuat garis bilangan yang diberi angka titik nol dan ke kanan sampai angka positif 10 dan angka negative 1 sampai 10 ke arah kiri; 2) Dalam video guru menjelaskan melangkah ke kanan artinya bilangan positif dan langkah ke kiri menunjukkan bilangan negative . Dalam video guru mempraktekkan dengan berdiri di titik nol. Kemudian melangkah ke kanan tiga langkah artinya bilangan bulat angka 3 atau positif tiga, dan sebaliknya guru melangkah ke kiri tiga langkah artinya angka -3 atau Negatif tiga. Kemudian memberi tanda pada lantai angka nol menggunakan angka-angka yang sudah disiapkan dan menempelkan pada lantai angka negative 1 sampai negative 5 ke arah kiri dan ke kanan angka 1 (positif) sampai 5 (positif); 3) Kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa; 4) Tiap kelompok mempraktekkan bebas sesuai keinginan siswa dalam dalam bentuk video dan hasil kelompok ditulis di kertas sebagai hasil kerja kelompok; 5) Guru menilai hasil kerja kelompok; 6) Guru memberikan apresiasi terhadap hasil tugas video kelompok dan tugas kelompok; 7) Hasil penilaian tugas dikirim melalui group WhatsApp.
Ternyata setelah guru kelas V SDN 1 Paduraksa kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. menggunakan video Langka Langki siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam video yang dikirim sebagai tugas kelompok terlihat semua siswa tampak aktif. Terjadi interaksi yang menyenangkan antar siswa dalam kelompok.
Siti Mufikhah, S.Pd..
SDN 1 Paduraksa kecamatan Pemalang