Tingkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Permainan Wordwall

Imam Husin Prawoto, S.Pd

Kondisi Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal. Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh. Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diantaranya kesulitan guru dalam mengelola PJJ dan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Sementara itu, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal karena harus bekerja ataupun kemampuan sebagai pendamping belajar anak. “Para peserta didik juga mengalami kesulitan berkonsentrasi belajar dari rumah serta meningkatnya rasa jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan jiwa,” (Mendikbud. 7 Agustus 2020)

            Penerapan PJJ ini ternyata tidak semulus yang kita harapkan, masalah yang dihadapai khususnya pada siswa kelas 5 SDN 01 Cawet Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang diantaranya adalah minat belajar peserta didik yang semakin hari semakin menurun. Hal ini dapat kita lihat pada presensi online, kegiatan Zoom maupun tugas-tugas yang penulis berikan lewat google form, google classroom maupun WA.

Baca juga:  Mengatasi Kejenuhan PJJ Dasar Desain dengan ‘Quizizz”

            Kendala Pembelajaran Jarak Jauh baik memakai zoom, google meet, google classroom, WA yang penulis laksanakan pada siswa kelas 5 SDN 01 Cawet, anak merasa jenuh bahkan pada saat webinar anak yang mengikuti kurang dari 50 % sehingga tugas guru untuk memenuhi target ketuntasan merasa terhambat karena harus dengan menggunakan berbagai upaya, bahkan melakukan home visit untuk dapat memenuhi target ketuntasan.

            Keuntungan menggunakan metode game Wordwall antara lain: peserta didik sangat tertarik untuk selalu mengikuti dan mengerjakan tugas-tugas, jenis game bervariasi, sehingga dapat berganti- ganti dan tidak membosankan, terlihat prosentase dari peserta didik yang mengerjakan tugas meningkat dan hasilnya sangat baik, hasil bisa langsung diketahui, dapat dikerjakan dimanapun, sebagai hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.


Baca juga:  Ciptakan Pembelajaran IPA yang Bermakna dengan Tutor Sebaya

            Memang dalam penerapan metode ini kita harus menyiapkan bahan dan memasukkannya dalam aplikasi game wordwall dengan teliti dan sabar. Kecuali itu banyak sekali pilihan permainan yang dapat dipilih untuk disajikan kepada peserta didik tinggal kita sesuaikan dengan materi atau tugas yang akan diberikan dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga anak tidak jenuh dan bosan bahkan cenderung untuk menunggu tugas-tugas berikutnya.

            Analisis hasil tes menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar muatan pelajaran IPA di SDN 01 Cawet secara konsisten setelah menggunakan metode ini jika dibandingkan dengan hasil belajar selama pembelajaran jarak jauh sebelumnya. Kriteria keberhasilan bisa dicapai dalam implementasi tindakan menggunakan wordwall game. Selain itu juga menunjukkan bahwa penggunaan media word wall dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan nilai dan aktivitas tinggi yang tercatat dalam rekap presensi online yang mengumpulkan tugas muatan pelajaran IPA mencapai 80 %, hal ini membuktikan bahwa kejenuhan anak yang selama ini menjadi ganjalan sudah terpecahkan.

Baca juga:  Media Kartu Bergambar Tingkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan kelas 2 SD

            Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi khusus yang bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Ada banyak model permainan yang bisa dikreasikan karena disediakan templatenya. Selain itu juga gratis penggunaannya dapat dishare langsung melalui facebook, google classroom, twitter, atau melalui link ke grup WA.

Oleh    : Imam Husin Prawoto, S.Pd

Guru SD Negeri 01 Cawet

Kecamatan Watukumpul

Kabupaten Pemalang