Seesaw Class Tingkatkan Keaktifan Belajar Mupel IPA

Dewi Setiastutik, S.Pd

Pandemi covid-19 yang berkepanjangan membuat siswa bosan dan jenuh dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kondisi ini berdampak terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar. Menurut Sardiman (2001:98) keaktifan merupakan kegiatan yang bersifat fisik maupun mental, yaitu berbuat dan berfikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan.

Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh, guru harus bisa  memilih media online yang efektif dan sesuai dengan kondisi siswa. Oleh karena itu penulis memilih aplikasi seesaw class sebagai media pembelajaran pada siswa kelas VA SD Negeri Margorejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.

Seesaw merupakan platform pembelajaran yang memungkinkan setiap siswa untuk memiliki jurnal pembelajaran kolaboratif, dengan pilihan untuk berbagi konten dengan siswa lain di kelas oleh guru. Bahkan guru juga dapat langsung berbagi teks, gambar, video, link dimana siswa dapat melihat pada handphone mereka (Khusnul Qotimah:2018).

Baca juga:  MENENTUKAN MEAN SUATU DATA DENGAN ‘SLIM’

Aplikasi seesaw class dirasa cocok untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas tinggi. Fitur-fitur yang ditampilkan menarik dan mudah untuk digunakan.  Siswa bisa mengoperasikannya lewat petunjuk yang diberikan guru. Kolaborasi antara siswa, guru, dan orang tua bisa dilakukan. Orang tua bisa memantau perkembangan pembelajaran  putra putrinya melalui portofolio yang dikirim dan umpan baliknya.


Langakah-langkah pembelajaran mudah dipahami oleh siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaran pada mupel IPA KD  3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia, antara lain sebagai berikut. (1) Guru dan siswa sudah mempunyai aplikasi seesaw. (2) Guru menulis kegiatan pembelajaran pada fitur activities. (3) Guru menyematkan teks materi, gambar, audio, video, atau link pembelajaran  dari youtube. (4) Siswa menyimak video pembelajaran melalui fitur journal. (6) Siswa dan guru melakukan tanya jawab lewat pesan tulis atau suara. (7) Siswa membaca kegiatan yang ada di fitur activities. (8) Siswa mempraktikkan membuat produk wayang hewan dan alat geraknya. (9) Siswa mempresentasikan hasil produknya. (10) Siswa mengirim hasil tugas pada fitur activites dengan cara klik add response buat memasukkan tugas, klik simbol kamera untuk memfoto tugas atau gambar, klik simbol mik untuk membaca hasil pekerjaan, klik simbol kamera video untuk merekam video, klik simbol centang untuk mengirim tugas.  (11) Guru memberi respon pada tugas siswa lewat pesan tulis atau suara.

Baca juga:  Terampil Membuat Karya Seni Kolase dengan Metode Terbimbing

Dalam pembelajaran ini, keaktifan siswa mencapai 86% dari sejumlah 28 siswa. Keaktifan siswa terlihat pada kegiatan literasi, tanya jawab, membuat produk, dan presentasi. Jadi aplikasi seesaw terbukti bisa menjadi media untuk meningkatan keaktifan siswa dalam PJJ serta dapat menyimpan portofolio siswa dengan rapi.

Oleh:

Dewi Setiastutik, S.Pd

Guru SD Negeri Margorejo 02

Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati