Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Siswa di masa Pandemi

PENI SUGIHARJANTI, S.Pd

Saat ini penyebaran pandemi covid 19 sangat berdampak serius, salah satunya pada dunia pendidikan, adanya wabah virus Corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka.  Kendati begitu,  pandemi mengakserasi Pendidikan. Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi. Perkembangan pendidikan saat ini ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan dalam pembelajaran bermacam-macam ada WhatsApp, Google classroom, Zoom, Website dan masih banyak aplikasi lainnya.

 Penyampaian materi melalui daring dapat bersifat interaktif, sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan komputer sebagai media belajarnya. Sebagai salah satu contoh siswa yang menggunakan pembelajaran Media elektronik atau menjalin hubungan yaitu browsing, chatting, video call. Melalui media elektronik dalam hal ini komputer dan internet nantinya akan memperoleh hasil yang lebih efektif dan baik daripada pembelajaran konvensional.

Baca juga:  Cara Tingkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring

 Namun di era globalisasi ini teknologi sudah semakin berkembang, sehingga untuk akses internet bisa dilakukan melalui smartphone atau HP Android, sehingga akan  membuat siswa lebih dimanjakan oleh fitur-fitur yang tersedia. Menurut keengwe dan georgina, 2012  dalam penelitiannya telah menyatakan bahwa perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran teknologi informasi dapat diterima sebagai media dalam melakukan proses pendidikan termasuk membantu proses belajar mengajar yang melibatkan pencarian referensi dan. info informasi

Penerapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa kelas VIII  SMP Negeri 4 Punggelan, Kecamatan  Punggelan, Kabupaten Banjarnegara pada mata pembelajaran seni budaya materi  Bab 9 : , dengan pemberian materi menggunakan system daring membuat siswa menjadi lebih minat untuk belajar mandiri dirumah sesuai dengan panduan guru, siswa menjadi lebih disiplin mengerjakan tugas yang diberikan karena ketakutannya tertinggal pelajaran. Selain itu siswa menjadi rileks dan teliti dalam mengerjakan tugas.


Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Ips Melalui Role Playing

Adapun Langkah-langkah Pembelajaran Daring yaitu : 1). Guru Menyiapkan pembelajaran via daring (Whatsapp & Google Classroom), 2). Guru mengundang peserta didik bergabung pada Whatsapp Group kelas dan membagikan kode Google Classroom 3). Guru melakukan absensi untuk memastikan kesiapan dan kehadiran seluruh peserta didik untuk menerima materi, 4). Guru menyajikan dan menjelaskan materi pembelajaran melalui Whatsapp dan google classroom, 5). Guru mengirimkan bahan ajar pada peserta didik, 6). Guru memberikan penugasan harian untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi, 7). Guru memberikan evaluasi dan penjelasan terhadap materi yang belum dipahami oleh peserta didik

Manfaat lain dari pembelajaran daring adalah siswa dapat mengasah keterampilan TIK  mulai mengetik tugas dengan Microsoft Word atau PowerPoint maupun keterampilan teknologi lainnya, sehingga kemampuan akan terasah sejak pendidik pertama. dengan Pembelajaran daring diharapkan siswa mendapat suasana baru dalam mengikuti kegiatan belajar mandiri, keterampilan Ilmu Komunikasi nya semakin bertambah dan tentunya dengan adanya pembelajaran daring dapat mencegah penyebaran covid-19 yang sampai saat ini ini masih belum teratasi.

Baca juga:  Pengaruh Kedisipilinan Terhadap Daya Serap Belajar Siswa

Oleh :

PENI SUGIHARJANTI, S.Pd.

Guru Seni Budaya

SMP Negeri 4 Punggelan Kabupaten Banjarnegara