Media Video Animasi Tingkatkan Minat Belajar Pada Masa Pandemi

UJI HARYONO, S.Pd.SD

  Di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) menjaga kebersihan ,menjaga jarak fisik satu dengan yang lainya (physical distancing) dan selalu tetap berada dirumah (stay at home) adalah bagian dari salah satu untuk mencegah penyebaran Covid-19 .Di seluruh dunia jutaan orang telah meninggal dunia ,hal ini juga terjadi di negara kita tingkat penyebaran virus Covid -19 cukup meningkat tinggi,oleh karena itu instruksi pemerintah agar karyawan,guru dan pelayanan masyarakat agar bekerja dari rumah (work from home).Hal ini dikarenakan orang-orang yang mengabiskan waktunya keseharianya di kantor dimana keberadaanya bersama dalam satu ruangan memungkinkan penyebaran virus corona -19 kepada rekan.Work from home telah mengubah sistem kerja yaitu pelayanan kepada publik melalui dalam jaringan (daring) selain itu juga imbas dari pandemi ini menjadikan guru berinofasi untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memberikan materi pelajaran secara on line.

Baca juga:  Scientific Berbantuan Whiteboard Animation Tingkatkan Hasil Belajar TIK

             Kita ketahui bersama bahwa dalam proses belajar mengajar ada dua unsur yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru, yaitu metode mengajar dan media pengajaran. Kedua aspek itu saling berkaitan, pemilihan salah satu metode mengajar tentu akan mempengaruhi jenis media yang sesuai (Arsyad: 1997).Pembelajaran dalam jaringan (PJJ)  juga dilaksanakan penulis di kelas V semester 1 tahun pelajaran 2021 / 2022  SD Negeri 1 Srowot ,Korwilcamdindik Kalibagor  ,Kabupaten Banyumas untuk mendukung proses belajar mengajar .

            Media video animasi pembelajaran  merupakan pilihan yang penulis gunakan hal ini sangat mendukung penyampaian materi dikarenakan video animasi menampilkan gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objrek yang disusun secara teratur sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan,beberapa objek yang ada berupa tulisan yang bergerak,gambar hewan tumbuhan dan  beberapa animasi lainya.Animasi merupakan kupulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan  dan kelihatan seolah-olah hidup .Animasi multimedia merupakan proses pembentukan gerak dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan efek – efek dan filter,gerakan transisi suara- suara yang selaras dengan gerakan animasi tersebut .Agus Suheri (2006 :2 )Video animasi yang diberikan oleh penulis dalam penyampaian materi memiliki manfaat untuk menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari benda atau peristiwa yang ada dilingkungan sekitar peserta didik .Dengan video animasi,siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan karena animasi bisa berbentuk simulasi,eksperimen,siswa juga dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu video animasi tersebut hal ini akan menarik siswa untuk belajar .

Baca juga:  Belajar Pengukuran Sudut Lebih Mudah dengan Media Gambar

              Setelah penulis menggunakan media video animasi dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa juga aktif memperhatikan dengan baik dan antusias sehingga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), hasil pembelajaran meningkat dari 65% siswa yang berperan aktif di kelas V SD Negeri 1 Srowot Korwilcamdindik Kalibagor meningkat menjadi 85% siswa. Hal ini sangat mempengaruhi nilai yang dihasilkan dalam kegiatan belajar mengajar yang berlanggsung.


                  Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Srowot, Korwilcamdindik Kalibagor mampu meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi melalui pembelajaran on line, yang diharapkan nantinya pembelajaran secara interaktif tersebut tetap berjalan dengan baik hingga menghasilkan nilai yang diharapkan oleh guru

Baca juga:  Jiwa Entrepreneur Smk Hadapi Tantangan Dunia Kerja

Oleh

UJI HARYONO, S.Pd.SD

Guru Kelas SD Negeri 1 Srowot ,Korwilcamdindik Kalibagor