27.4 C
Semarang
Minggu, 6 Juli 2025

Kuis Bendera Semaphor Aktifkan Belajar Matematika

Matematika adalah mata pelajaran yang banyak ditakuti siswa karena dianggap sulit. Hal ini dibuktikan dengan nilai matematika yang relatif lebih rendah dibanding dengan mata pelajaran lainnya. Melihat betapa pentingnya  matematika, maka sebagai guru di Sekolah Dasar yang mengajarkan dasar-dasar matematika merasa terpanggil untuk senantiasa berusaha meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar matematika.

            Kondisi tersebut disebabkan oleh kenyataan sehari-hari yang menunjukkan bahwa siswa kelihatannya jenuh mengikuti pelajaran matematika. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika sehari-hari menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, dan tidak ada interaksi antar siswa yang pandai, sedang, dan normal.

            Di kelas VI SDN Ngablak 2 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang nilai matematika selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal Matematika 75. Siswa kesulitan dalam menghitung luas gabungan bangun datar. Bermain kuis  menggunakan bendera semaphor yang berisi soal adalah pilihan untuk membuat pelajaran matematika lebih menarik, asyik dan menyenangkan, Bermain kuis adalah permainan yang mengasyikkan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar. Apalagi dengan menggunakan bendera semaphor yang identik dengan kegiatan pramuka yang menyenangkan. Rasa takut siswa pada matematika akan hilang begitu mereka diajak bermain kuis antar kelompok dengan menggunakan bendera semaphor. Matematika yang dianggap membosankan akan berubah menjadi menyenangkan, mengasyikkan, semangat  dan hasil belajar juga meningkat

Baca juga:  Metode Eksperimen Tingkatkan Prestasi Belajar IPA

Team Quiz adalah suatu kegiatan tanya jawab antar kelompok. Dalam kegiatan bertanya dan menjawab akan terjadi proses belajar yang tidak membosankan. Keterampilan bertanya menjadi penting jika dihubungkan dengan pendapat yang mengatakan ”Berfikir itu sendiri adalah bertanya” (Hasibuan dan Moejiono,  2004). Bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong berfikir (Hasibuan dan Moejiono, 2004).

                Memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat dan menjawab pertanyaan dari teman adalah sama dengan memberi kesempatan belajar kepada siswa, sehingga pembelajaran berpusat pada siswa atau student center dan belajar menjadi lebih bermakna.

                        Bermain kuis atau dikenal dengan strategi pembelajaran Team Quiz    dalam menghiung luas gabungan bangun datar langkah pembelajaranya adalah guru menyampaikan materi menghitung luas gabungan bangun datar dan cara menghitung luas bangun. Kemudian membentuk tiga kelompok (disesuaikan jumlah siswa) dan diberi nama kelompok A, B, dan C.

                  Permainan kuis dimulai dengan masing-masing kelompok mendapatkan satu bendera. Kelompok A mendapat bendera dari kelompok B, kelompok B mendapat bendera dari kelompok C, dan kelompok C mendapat bendera dari kelompok A.. Masing-masing kelompok membuat pertanyaan bagaimana cara menghitung luas gabungan bangun datar. Setelah soal selesai dibuat, ketua kelompok maju ke depan kelas untuk memberikan bendera kepada kelompok lain, dan menerima bendera dari kelompok lainnya dengan arahan guru. Ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan memimpin diskusi untuk menyelesaikan soal yang diterima. Setelah diskusi selesai, mereka menulis hasil diskusinya  pada bendera dibawah soal yang ditulis kelompok lainny. Masing-masing kelompok berusaha  untuk dapat menyelesaikan soal dengan cepat agar dapat segera menancapkan bendera di tempat yang sudah disediakan guru. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Untuk kelompok yang dapat menyelesaikan soal dengan cepat dan benar akan mendapatkan reward dari guru.

Baca juga:  Optimalkan PJJ Melalui ‘’WAG’’DAN‘’GC’’

            Indikator keberhasilan proses pembelajaran ditetapkan dengan tercapainya nilai aktifitas belajar melalui KUIS bendera Semaphor, dan tercapainya nilai hasil belajar 100% siswa memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal 75.

Oleh : Nurningsih, S.Pd.SD

Guru SDN Ngablak 2 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang

TERKINI

Rekomendasi

Lainnya

Moda Daring Dongeng untuk Kelas III

Belajar AKM E-LKPD Berbasis Live Worksheet

Fitur Breakout Room Zoom pada Model...

MEA Tingkatkan Kerjasama Siswa