Keterampilan salah satu aspek penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menyimpulkan isi teks merupakan salah satu penilaian keterampilan. Menyimpulkan dianggap sulit sehingga hasil belajar keterampilan siswa menjadi rendah.
Kondisi di atas terjadi pada siswa kelas 9 D semester gasal SMP Negeri 1 Jatisrono tahun pelajaran 2021/2022. Hasil belajar aspek keterampilan pada kompetensi dasar 4.3 menyimpulkan isi teks pidato persuasif rendah. KKM yang ditetapkan 73, tetapi masih ada 10 siswa nilai di bawah standar dari 29 siswa. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar, guru menggunakan media g-meet mengingat kondisi pembelajaran saat ini masih dilaksanakan secara daring atau jarak jauh.
Google meet menurut wikipedia merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh google. Media ini berbentuk konferensi video yang bisa ditonton lebih dari 30 orang. Google meet bisa diakses menggunakan aplikasi pada android. Pembelajaran jarak memungkinkan siswa menggunakan andriod yang dimiliki hampir semua siswa. Sehingga, media google meet bisa diakses oleh semua siswa.
Keterampilan merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mewujudkan sesuatu yang dipelajarinya. Sebagai sebuah kemampuan keterampilan sangat bersifat individual. Terampil diartikan sebagai suatu perbuatan atau tugas, dan sebagai indikator dari suatu tingkat kemahiran (Hari Amirullah, 2003 : 17).
Dalam KBBI kesimpulan adalah sebuah keputusan yang didapatkan berdasarkan cara berpikir deduktif atau induktif dari sebuah pembahasan atau gagasan tertentu. Menyimpulkan isi teks pidato persuasif membuat keputusan berdasarkan cara berpikir dalam pembahasan yag terdapat dalam teks pidato persuasif tersebut.
Pidato persuasif merupakan bagian dari eksposisi yang digunakan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang (Agus Trianto, 2018 : 340. Mengambil satu sudut pandang dan membuktikan kebenarannya bertujuan meyakinkan orang lain untuk melihat suatu persoalan hanya dari satu sisi.
Dalam pembelajaran kompetensi dasar ini g-meet hanya sebagai media. Praktiknya dalam media ini didalamnya digunakan presentasi materi yang bisa dilihat langsung oleh siswa. Terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Meski secara virtual tatap muka ini bisa menimbulkan diskusi dan tanya jawab. Untuk mengukur keberhasilan siswa dipadu dengan soal dalam google form yang dishare pada google claas room.
Penerapan media g-meet dalam pembelajaran sebagai berikut. Guru share link. Siswa masuk room meeting. Guru dan siswa bertanya jawab. Guru presentasi materi. Guru menjelaskan materi. Siswa dan guru diskusi materi. Siswa dan guru menyimpulkan. Siswa keluar room metting. Siswa masuk google class room. Siswa mengerjakan evaluasi. Guru merekap hasil evalausi siswa dari google form.
Berdasarkan uraian dan langkah-langkah pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media g-meet dan evaluasi siswa dalam google form melalui google class room dapat disimpulkan sebagai berikut. Terjadinya komunikasi dua arah dalam tatap muka virtual. Meningkatnya keterampilan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dari rekap nilai dalam respon google form. Semua siswa kelas 9 D sebanyak 29 siswa mendapat nilai sama dengan dan di atas KKM yaitu 73, padahal sebelumnya terdapat 10 siswa nilai di bawah KKM.
Jadi melalui media g-meet dengan presentasi materi dan google form dalam google class room sebagai sarana evaluasi dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan isi teks pidato persuasif siswa kelas 9 D semester gasal SMP Negeri 1 Jatisrono tahun pelajaran 2021-2022.
Oleh
Sri Prihati, S.Pd.
guru mapel bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Jatisrono