Pada mulanya, pembelajaran yang penulis laksanakan dengan siswa kelas V di luar PTMT adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Tetapi ternyata, ada kendala ketika penulis ajarkan pada mata pelajaran Matematika dengan materi “Operasi Hitung Bilangan Bulat”, di SD penulis yaitu SD Negeri 2 Pendosawalan. Awalnya, penulis bagikan video tentang materi tersebut pada group Whatsapp,. Dilanjutkan dengan penjelasan dan tanya jawab materi ketika PTMT berlangsung. Kemudian diakhiri dengan pemberian tugas melalui soal-soal. Tetapi ternyata, hanya sebagian dari keseluruhan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Sedangkan yang lainnya mengerjakan dengan jawaban salah dan terkesan asal-asalan. Mungkin hal ini dikarenakan siswa mengalami kejenuhan dan kebosanan dengan penyajian materi dan soal matematika yang monoton. Maka dari itu, hal inilah yang mendorong penulis untuk membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang interaktif dan menarik sehingga siswa antusias untuk mengerjakan tugasnya. Jenis LKPD yang penulis gunakan adalah Liveworksheets.
Menurut lif Ahmad Sabari (2005:52), syarat pembeajaran interaktif harus dapat membangkitkan motivasi, minat atau gairah belajar siswa, dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut. Pembelajaran dengan media interaktif bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran dan menumbuhkan kekreatifan serta inovasi guru dalam mendesain proses pembelajaran (Saluky, 2016). LKPD interaktif merupakan jenis LKPD yang dibuat, dikembangkan, dan dijalankan dengan bantuan sistem computer dan internet. Dengan memberikan LKPD interaktif dengan Liveworksheets adalah cara untuk menghadirkan media pembelajaran berbasis online yang menarik dan menyenangkan bagi siswa di masa pandemi seperti ini dimana kita(penulis dan siswa) tidak dapat bertatap muka secara langsung.
Liveworksheets adalah platform online yang memungkinkan kita mengubah LKPD dalam bentuk media cetak menjadi LKPD online interaktif dengan koreksi dan nilai otomatis. Langkah-langkah dalam membuat LKPD interaktif dengan Liveworksheets adalah pertama ketik https://www.liveworksheets.com/ di browser. Kemudian klik Teacher access di bagian atas kanan lalu klik register/daftar. Setelah itu isi formulir registernya sesuai data. Langkah selanjutnya, masuk ke email yang didaftarkan tadi dan lakukan konfirmasi. Setelah itu, masuk ke https://www.liveworksheets.com/ lagi, klik teacher access, masukkan alamat email/username dan passwordnya, lalu klik enter. Kemudian ubah setting pilihan bahasa menjadi Bahasa Indonesia di bagian kanan atas. Untuk membuat LKPD interaktif dengan liveworkssheets, pilih menu make interactive worksheets, lalu klik get started. Upload LKPD yang sebelumnya sudah dibuat(dalam bentuk pdf/jpg. Langkah terakhir modifikasi LKPD yang sudah dibuat dengan format interaktif (dapat dilihat di video tutorial yang disediakan di website liveworksheet). Jika sudah selesai, kita dapat meninjau LKPD interaktif yang sudah dibuat dengan klik preview yang ada di bagian atas. Ada dua pilihan saat melakukan penyimpanan LKPD yaitu membagikan untuk umum dan menyimpan dengan izin akses tertentu. Jika kita memilih untuk membagikannya untuk umum, maka kita diminta untuk melengkapi data terkait mata pelajaran, materi dan kelas. Jika kita ingin membagikan LKPD interaktif, kita dapat menyalin kode html yang disediakan oleh liveworksheets kemudian membagikannya ke WhattApp group kelas kita. Setelah itu siswa mengerjakannya, dan setelah selesai mengerjakannya, akan terkoreksi dan ternilai secara otomatis.
Setelah penulis membuat LKPD interaktif dengan liveworksheets, siswa menjadi semangat dan antusias mengerjakan soal matematika materi “Operasi Hitung BIlangan Bulat”. Hal ini dibuktikan, yang semula pengiriman tugas dari siswa banyak yang terlambat, setelah mengerjakan tugas dengan Liveworksheets, siswa menjadi semakin cepat mengirim tugasnya. Selain itu, hasilnya juga banyak yang memperoleh nilai di atas KKM. Dengan demikian, pembuatan LKPD interaktif dengan Liveworksheets adalah pilihan tepat untuk menyajikan soal yang menarik dan interaktif. Siswa tidak lagi bosan dan jenuh dengan tugas yang monoton. Hal ini menjadikan siswa semakin bergairah dalam belajar di masa PTMT.
Oleh : Noor Said Saputra, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 2 Pendosawalan
Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara