RG Sejarah Sosial FIB UNS Gelar Penguatan Pendidikan Karakter Anak Jalanan Komunitas PPAP Seroja

Kegiatan pendampingan oleh RG Sejarah Sosial FIB UNS melakukan metode permainan BOGABITA, diikuti oleh kurang lebih 25 siswa PAUD Seroja. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Research Grup (RG) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, melakukan pengabdian berupa pendampingan bagi Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta.

“Bentuknya adalah pengembangan karakter bagi anak-anak binaan Seroja khususnya pembentukan karakter cinta tanah air dan keperdulian sosial.” Ungkap Ketua Pengabdian Dr. M. Bagus Sekar Alam, S.S., M.Si, Kamis (21/7/2022).

Diketahui Lembaga PPAP Seroja bergerak di bidang sosial dan pendidikan bagi perempuan dan anak pinggiran di Kota Surakarta dan sekitarnya.

Lembaga PPAP Seroja lahir karena keprihatinan atas fenomena yang menimpa masyarakat pinggiran khususnya anak-anak yang tersisih baik secara ekonomi, sosial, pendidikan, politik, maupun moral. Lembaga yang berdiri pada tanggal 23 Juli 2003 ini beralamat di Jl. Kepuh No.44B, Petoran RT.02/08 Jebres, Surakarta, tepatnya 200 m dari jalan raya utama Solo-Karanganyar.

iklan
Baca juga:  Manuver Cak Imin di Koalisi Besar Berpeluang Usung Prabowo

Lembaga yang diketuai Retno Heny Pujiati, S.Sos. ini dikelola secara mandiri oleh relawan yang mayoritas masih berstatus mahasiswa. Biaya untuk menjalankan setiap kegiatan pendampingan berasal dari usaha mandiri lembaga, donatur pribadi, lembaga donasi, maupun pemerintah Kota Surakarta melalui program-program yang ditawarkan.

Anak-anak yang dibina oleh PPAP Seroja berasal dari latar belakang yang beragam diantaranya keluarga pemulung, pengamen, anak jalanan, maupun keluarga buruh. (dalam company profile PPAP Seroja, 24 Mei 2013). Usia mereka beragam mulai dari 5 tahun sampai 25 tahun.

“Kegiatan pengabdian ini akan fokus pada pembinaan anak-anak usia 7-15 tahun yang berjumlah kurang lebih 15 orang. Dengan pertimbangan, mereka dalam usia anak dan remaja mampu menjadi landasan untuk berpihak membentuk karakter di masa depan.” Imbuh Bagus.

Baca juga:  758 Atlet Jateng Siap Berlaga di PON Aceh-Sumut, Ditergetkan Peringkat Tiga Besar

Beberapa aktivitas pembinaan dan pendampingan bagi anak-anak di Lembaga-1 antara lain Sekolah Anak Jalanan (Sekolah Kita), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Khusus, Taman Belajar Seroja, Madrasah Keliling, Beasiswa Sekolah, Taman Gizi Seroja dan Training Kewirausahaan dan Life Skill.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim dari GR Sejarah Sosial pada tanggal 16 Juli 2022 ini sudah sesuai dengan kebutuhan PPAP Seroja dalam upaya menanamkan karakter positif kepada peserta didik mereka. Kegiatan dilakukan dengan metode permainan BOGABITA, yang diikuti oleh kurang lebih 25 siswa PAUD Seroja.

Boardgame BOGABITA yang diciptakan oleh mahasiswa Prodi Jurusan Ilmu Sejarah FIB ini merupakan permainan berbentuk kartu seperti ular tangga yang di dalamnya termuat beberapa poin tentang pengenalan Keindonesiaan, sejarah bangsa, dan kebhinekaan.(Dea/bis/rit)

Baca juga:  14 Stasiun di Daop 4 Semarang Tak Layani Penjualan Tiket KA Mulai Hari Ini
iklan