24.1 C
Semarang
Jumat, 15 Agustus 2025

TAWA 3D Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD

Sebagaimana didefinisikan oleh Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar, terencana untuk menyelenggarakan proses pembelajaran bagi peserta didik dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada pada peserta didik, mengandung makna bahwa pendidikan adalah hak yang harus diterima oleh semua anak agar mereka memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pendidikan merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan anak menghadapi kehidupan di masa depan.

Agar anak dapat bersaing dengan dunia luar, mereka harus melalui proses pembelajaran yang kondusif bagi pembelajarannya. motivasi belajar siswa masih lebih rendah dari yang diharapkan karena kurangnya penggunaan media di SDN Girimulyo, dan peneliti tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang keefektifan, validitas, dan kelayakan media Taman Satwa 3 Dimensi di ruang kelas. (3D tawa) Akibatnya, kehadiran media pembelajaran sangat bermanfaat bagi siswa dalam hal pemahaman suatu materi pelajaran, dan juga akan mendorong siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran sebagai hasil dari rasa minat mereka.

Baca juga:  NHT Efektif Tingkatkan Hasil Belajar PPKn

Peneliti berharap dapat membangun sebuah media pembelajaran yang disebut “Tiga Dimensi Taman Satwa” untuk membantu siswa dalam mempelajari materi mengidentifikasi hewan berdasarkan jenis makanan yang mereka konsumsi melalui aplikasi dunia nyata. solusi dari permasalahan yang ada.Media “Tawa 3D” Taman satwa yang berupa tiga dimensi merupakan media yang konkrit (berbentuk seperti nyata). taman hewan tiga dimensi “Tawa 3D” merupakan media pembelajaran berbentuk taman hewan persegi yang didalamnya terdapat berbagai komponen seperti hewan, tumbuhan, dan lain-lain.

Media tiga dimensi adalah media yang disajikan secara realistis. Genre media ini secara fisik dapat diraba dalam bentuk barang asli yang dapat dilihat dari sudut manapun. Media “Tawa 3D” Taman satwa berupa tiga dimensi yang dikembangkan dikaitkan dengan pembelajaran IPA SD Bab 4 Jenis – jenis Hewan Berdasarkan jenis Makanannya Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi adalah pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi, dan termasuk makhluk hidup yang dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori, antara lain herbivora, karnivora, dan omnivora, adapun komponen komponen media “Tawa 3D” Taman Satwa terbuat dari triplek tebal lalu dilapisi sterofom agar memberikan keawetan sehingga media ini dibuat menggunakan alas bawah triplek dilapisi sterofom agar tidak mudah rusak, komponen diatasnya ada gajah, harimau, kucing, pohon, burung, kelinci, jerapah, tumbuh-tumbuhan, kandang, dan pagar yang dibuat semenarik mungkin dengan perpaduan warna dan bentuk seperti nyata (real). Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media 3D Tawa mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 dalam mengenal jenis-jenis hewan berdasarkan makanan. Media ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran IPA SD kelas 4.

Baca juga:  Pengembangan Model Kemitraan Closed Loop Beras Organik Melalui Fasilitasi Petani Desa Delanggu Kabupaten Klaten

 

Oleh: SUHARTO,S.Pd.SD

Guru SDN Girimulyo Windusari Magelang


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya