Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha yang sistematis dan pragmatis dalam mendidik anak-anak sehingga ajaran agama Islam benar-benar dapat menjiwai bagian yang integral dalam pribadinya, selain itu untuk menanamkan pendidikan agama di mulai dari keluarga, lingkungan dan masyarakat yang baik. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul-betul tepat karena antara pendidikan dengan metode saling berkaitan. Model pembelajaran adalah suatu keseluruhan rangkaian penjelasan materi mulai dari sebelum dan sesudah pembelajaran yang dimanfaatkan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi mata pelajaran kepada siswa agar lebih efektif dan efesien. Model pembelajaran juga harus disesuaikan dengan suasana kelas.Level peserta didik dalam menangkap maksud dan materi juga harus dipertimbangkan bagaimana cara menyampaikannya.
Dengan itu saya mencoba untuk mencari model pembelajaran yang tepat di SDN Srondol Kulon 01 agar pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan dapat memperkuat hafalan anak tentang Rosul- rosul Ulul Azmi dengan mujizatnya. Model pembelajaran yang terapkan adalah model pembelajaran Make A Match.
Menurut Tarmizi dalam Novia ( 2013: 12) menyatakan bahwa model pembelajaran Make A Match artinya siswa mencari pasangan ,setiap siswa mendapatkan sebuah kartu (bisa soal atau jawaban) lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang dia pegang. Tujuan dari pembelajaran dari Mach A Match adalah untuk melatih peserta didik agar lebih cermat dan kuat pemahamannya terhadap suatu materi (Fachrudin, 2009 : 168 ). Model pembelajaran Make A Match merupakan salah satu pendekatan konseptual yang mengajarkan siswa memahami konsep-konsep secara aktif, kreatif,interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa sehingga konsep mudah di pahami dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa.
Langkah-langkah yang dipersiapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yaitu 1) guru sebelum nya mempersiapkan beberapa kartu yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan tertulis di dalamnya soal atau jawaban,2) kartu dibagi kepada siswa,setiap siswa mendapatkan satu kartu,3)setiap siswa menghafal soal atau jawaban yang ada pada kartu yang di pegang, 4) siswa untuk membuka dan memperlihatkan isi kartu pada semua temannya, 5) Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang sesuai dengan kartunya antara soal dan jawaban, 6) siswa yang dapat dengan cepat dan tepat menemukan pasangan yang sesuai dengan kartunya di beri penghargaan, 7) siswa yang sudah menemukan pasangan , untuk mempresentasikan bersama pasangannya dengan di pandu oleh guru, 8) Setelah selesai dengan kegiatan yang pertama ini, kartu untuk ditarik kembali dan di kocok lagi dan dibagi bagi siswa kembali agar mendapat kartu yang berbeda dari babak sebelumnya, 9) Guru dan siswa memberikan refleksi atau kesimpulan dari kegiatan yang telah berlangsung.
Penggunaan model pembelajaran Make A Match pada materi menghafal Nama Rosul-rosul Ulul Azmi dengan Mujizatnya di kelas 5 SD Negeri Srondol Kulon 01 Banyumanik tahun ajaran 2022/ 2023 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dapat ditunjukan dapat meningkat nya belajar hasil belajar siswa yang sudah mencapai 90 % dari KKM yang di tentukan oleh sekolah. Disamping itu minat dan semangat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match juga terbukti dengan siswa yang sangat aktif , menyenangkan dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam materi nama Rosul Ulul Azmi dengan mujizatnya.(*)
Oleh
Ely Marlina,S.Pd.I
Guru SDN Srondol Kulon 01 Banyumanik Semarang