Snowball Throwing Tingkatkan Hasil Belajar IPS

ISTIANAH,S.Pd.

Masalah Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih sangat kompleks, seperti kurikulum yang selalu berubah, kurangnya saran pembelajaran, rendahnya kualitas tenaga pengajar, serta kurangnya motivasi internal dan eksternal peserta didik sebagai obyek Pendidikan.Menurut Slameto (2010:54), kualitas pembelajaran yang pada akhirnya menghasilkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam (intern) maupun faktor dari luar (extern). Faktor  intern antara lain faktor fisiologis dan psikologis misalnya kecerdasan, motivasi, berprestasi, dan kemampuan kognitif. Faktor extern antara lain faktor lingkungan dan instrumental, misalnya guru, kurikulum, metode, dan media pembelajaran. Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengeksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan dan sumber lain (Asriningsih, 2015)

Pada dasarnya tujuan dari pembelajaran muatan pelajaran IPS di SD Negeri 2 Penganten Kecamatan Klambu adalah untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, serta berbagai bekal peserta didik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik, perlu dikembangkan metode-metode pembelajaran inovatif yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif belajar, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik, variatif, dan inovatif sehingga peserta didik akan termotivasi untuk belajar. Salah satu metode pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik adalah metode snowball throwing.

Baca juga:  Metode Eksperimen Tingkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA

Snowball throwing merupakan metode pembelajaran yang menggunakan bola pertanyaan dari kertas yang digulung bulat berbentuk bola kemudian dilemparkan secara bergiliran di antara sesama anggota kelompok (Isjoni, 2010). Pertanyaan dibuat oleh peserta didik bersumber pada materi yang diajarkan dengan tujuan merangsang siswa mengemukakan pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan dalam pembelajaran. Disamping membuat pertanyaan, peserta didik juga dilatih untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya dengan baik (McCarten, 2007; Hiebert & Kamil, 2005). Metode snowball throwing mengajak peserta didik untuk lebih aktif dalam belajar. Sesuai dengan tahap perkembangannya, pada usia ini anak lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan psikomotoriknya lebih dari usia-usia yang lain.

Baca juga:  Blended Learning Method Solusi Pembelajaran Praktik Komputer Akuntansi Masa Pandemi

Snowball throwing bertujuan untuk melatih peserta didik agar tidak takut dalam memberikan pertanyaan kepada peserta didik lain dengan bentuk menyerupai bola yang terbuat dari kertas dan menyampakan pesan atau pertanyaan tersebut kepada sesama anggota kelompok (Azzahrah, dkk, 2016). Pada prinsipnya, pembelajaran snowball throwing melibatkan peran aktif peserta didik dalam kelompok belajar.


Model snowball throwing merupakan salah satu variasi atau tipe dari pembelajaran kooperatif yang mengadopsi permainan fisik yaitu menggunakan kertas yang dibentuk menyerupai bola kemudian secara bergiliran dilemparkan kepada sesama anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan. Menurut Akhiriyah (2011), pembelajaran melalui model snowball throwing aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran IPS meningkat. Model snowball throwing merupakan model pembelajaran yang memiliki kemampuan dalam
menciptakan pembelajaran yang komunikatif, terintegrasi, serta mengandalkan keterampilan proses.

Baca juga:  Atasi Perilaku Insecure Pada AUD

Pembelajaran snowball throwing yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Penganten Kecamatan Klambu ini mampu menciptakan iklim atau suasana pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik. Melalui pembelajaran snowball throwing, peserta didik mampu meningkatkan pemahaman terkait konsep-konsep dasar dan ide-ide melalui adanya pemberian informasi pengetahuan yang dilakukan oleh peserta didik.

Oleh

ISTIANAH,S.Pd.

Guru Kelas SD Negeri 2 Penganten

Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan