JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pameran Sauto Expo yang tengah berlangsung di atrium Mal Ciputra Semarang, sejak 8 sampai dengan 19 Maret 2024 memanfaatkan momen Ramadan dalam persiapan pemudik Lebaran. Sebanyak delapan dealer, yakni Mitsubishi, Mercedes Benz, Daihatsu, Honda, Mazda, Nasmoco, Suzuki, dan Wuling mengikuti even tersebut. Pameran juga diikuti pihak leasing dari BNI Finance dan toko ban dan velg Arvia Jaya.
Pada pameran tersebut, Honda mantap memasang target 50 surat pemesanan kendaraan (SPK). Hal itu seiring dengan tren peningkatan permintaan jelang Hari Raya Idulfitri. “Target kami di Sauto Expo ini bisa sampai 50 pemesanan untuk semua tipe,” jelas Marketing Supervisor Honda Semarang Center Yustinus Topaz Kurniawan.
Pada pameran ini pihaknya menampilkan dua tipe yang diminati konsumen yaitu City Hatchback dan CR-V. Menurutnya, City Hatchback dibawa untuk membangun kembali eksistensinya sebagai pengganti Honda Jazz yang telah discontinue sejak 2021.
Peserta lainnya, Mitsubishi, ikut pameran karena akan menggencarkan produk terbarunya. Sutadi Saputro yang sekaligus selaku SPV Sun Motor Banyumanik mengatakan, bahwa Mitsubishi mendisplay XForce.
“XForce menyasar segmen menengah ke atas, dengan harga kisaran Rp 413.900.000 untuk varian ultimate, dan Rp 380.900.000 varian exceed. Sedangkan target selama pameran bisa menjual sebanyak 20 unit, kalau untuk all produknya, total penjualan diangka 100 unit per bulannya. Termasuk, merek lain seperti Pajero, Xpander dan colt diesel untuk niaga,” ungkapnya.
Sedangkan dari dealer atau booth Toyota menampilkan display mobil Avanza, Corolla Cross, Yaris Cross, Kijang Innova Zenix. Dan kendaraan line up teknologi EV, seperti bZ4X.
“Target pameran, Toyota minimal capai 100 SPK. Hari pertama ini, sudah ada 30 SPK masuk, sekilas tadi unitnya, seperti Calya, Agya, Kijang Innova Zenix,”papar R, Dwi Kresna Setya Putra, selaku Marketing Planning Section Head Nasmoco Group.
Senior Project Manager Makmur Jaya Abadi (MJA) Dian Citra Lestari mengatakan, pameran kali ini digelar untuk mengambil moment lebaran yang tinggal sebulan lagi. Sebab, menurutnya, menjelang lebaran, tren pasar mobil selalu naik seiring dengan kebutuhan masyakat untuk melakukan perjalanan mudik.
“Itulah berbagai mobil dari brand ternama itu akan menjadi pilihan tepat untuk persiapan mudik Lebaran. Karena kita dekatkan masyarakat yang ingin membeli mobil cukup di satu tempat pameran,” kata dia.
Dian mengaku, pameran kali ini digelar untuk mengambil moment lebaran yang tinggal sebulan lagi. Sebab, menurutnya, menjelang lebaran, tren pasar mobil selalu naik seiring dengan kebutuhan masyakat untuk melakukan perjalanan mudik.
Menariknya dari pemeran ini, unit yang ditawarkan bervariasi. Mulai dari jenis MPV, SUV, sampai sedan dan PU ditawarkan. Begitu pula, pilihan teknogi, mulai dari mesin bensin, disel, hybrid, hingga listrik juga tersedia.
“Kami menarget selama pameran berlangsung, bisa terjual sebanyak 20 unit untuk setiap brand mobil dan 50 unit untuk sepeda motor,” katanya. (rit/biz)