JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG- Arus penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang membludak sehari menjelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Hingga Kamis (4/9/2025) siang, tercatat sebanyak 43.002 orang telah menggunakan jasa kereta api untuk bepergian, baik berangkat maupun tiba di stasiun-stasiun Daop 4.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyebutkan, jumlah tersebut terdiri dari 21.799 penumpang berangkat dan 21.203 penumpang tiba di berbagai stasiun.
“Angka ini baru tercatat sampai pukul 12.00 WIB, sehingga kemungkinan masih akan terus meningkat hingga malam, terutama pada jam-jam favorit keberangkatan,” sebutnya.
Peningkatan jumlah penumpang diperkirakan akan berlanjut pada hari libur Maulid Nabi, Jumat (5/9/2025). Hingga siang kemarin, jumlah keberangkatan telah mencapai 14 ribu lebih penumpang, sementara kedatangan di kisaran 21 ribu.
“Kami melihat tingkat kunjungan ke wilayah Daop 4 seperti Semarang, Pekalongan, Tegal, Cepu, Pemalang, dan Ngrombo cukup tinggi. Hal ini menunjukkan jalur pantura dan selatan Jawa Tengah tetap menjadi destinasi favorit masyarakat untuk berlibur maupun pulang kampung,” jelas Franoto.
Adapun Stasiun Semarang Poncol menjadi yang paling ramai dengan 7.190 penumpang berangkat, disusul Semarang Tawang 6.392 penumpang, Tegal 2.257 penumpang, Pekalongan 1.879 penumpang, serta Pemalang, Ngrombo, dan Cepu yang masing-masing mencatat lebih dari 800 penumpang. Untuk kedatangan, Semarang Tawang menempati urutan tertinggi dengan 6.463 penumpang, disusul Poncol 4.829 penumpang, dan Tegal 3.069 penumpang.
Mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode libur panjang 4–7 September, KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 184.862 tempat duduk untuk kereta api jarak jauh maupun lokal. Setiap harinya, terdapat sekitar 99 perjalanan KA penumpang di wilayah ini dengan tujuan populer Jakarta, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Solo, Yogyakarta, hingga Surabaya.
Franoto mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan tiket.
“Tiket bisa dipesan lebih mudah melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, maupun mitra resmi KAI lainnya,” tegasnya.
Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, KAI membuka layanan Customer Service di stasiun serta Contact Center 121. Mulai 1 September 2025, nomor layanan WhatsApp KAI resmi berubah menjadi 081-122-233-121.(aln)











