29.5 C
Semarang
Kamis, 14 Agustus 2025

Belajar Grammar Lewat Lagu, Daya Serap Siswa Meningkat

JATENGPOS.CO.ID,  Lagu-lagu berbahasa Inggris memuat banyak ragam kosakata, frasa, serta idiom (ungkapan), sehingga dapat diaplikasikan sebagai jalan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa, terutama listening skill, speaking, dan juga grammar. Lirik lagu-lagu populer berbahasa Inggris umumnya menggunakan ragam casual (bahasa sehari-hari) yang mudah dipahami siswa. Adanya pola pelantunan lirik (: kosakata, frasa, idiom,) berulang-ulang pada suatu lagu, memungkinkannya lebih mudah lekat dalam ingatan (memori), terlebih jika arti atau makna lirik lagu tersebut mempunyai kedekatan emosional dengan fase perkembangan pendengar (siswa).

Lebih lanjut, mengacu pada silabus Kurikulum 2013 tingkat SMA pada KD 4.4 di semester II ada  submateri memahami makna kontekstual kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu. KKM yang ditetapkan adalah 70. Pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan medium lagu ini juga sejalan dengan pengembangan model pembelajaran  inovatif Contextual Teaching and Learning.

Untuk menyampaikan materi pembelajaran di kelas dengan medium lagu ini dibutuhkan pelantang suara (loudspeaker) biasa atau compact yang audio-output-nya bisa menjangkau seluruh ruangan kelas. Bisa juga dengan menggunakan Bluetooth speaker sehingga lebih praktis dan bisa dioperasikan dengan mudah dengan via smartphone. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran Grammar via lagu. https://youtu.be/_W37CMD72Jk

Baca juga:  Asah Kepekaan “Profil Pelajar Pancasila” Lewat PjBL

Pilihlah lagu populer favorit yang disukai siswa yang bertempo lambat atau sedang (easy listening). Hal ini akan membantu pembelajar pemula dalam memahami lirik. Ada banyak lagu berbahasa Inggris yang temponya cepat dan kosakata atau frasa yang digunakan juga lebih rumit sebab menggunakan majas. Selanjutnya, siapkan teks lirik lagu tersebut. Lalu bersama dengan siswa mencoaba mengartikan dan memelajari struktur kalimat dan muatan tatabahasa di dalamnya.

Mula-mula, mintalah siswa untuk menuliskan lirik lagu itu dari hasil menyimak (listening). Sesi kegiatan ini mungkin terasa sedikit sulit bagi siswa. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melihat sejauh mana kemampuan listening siswa dan juga untuk mengecek spelling mereka kala menuliskan lirik-lirik yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diajak berdiskusi dan tanya jawab serta membantu siswa memahami kosakata atau frasa yang belum mereka kuasai. https://youtu.be/r3z5p8bexbM

Berikutnya pembelajaran menjadi lebih seru lagi, yakni menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Kegiatan ini selain membangun suasana dan antusiasme siswa, juga dapat melatih kemampuan pronunciation siswa. Siswa yang merasa kurang terampil bakal ikut bernyanyi dan sekaligus membangkitkan kepercayaan diri dalam praktik berbahasa Inggris. Dari kegiatan ini, guru bisa mencermati dan menilai kemampuan siswa dalam melafalkan kosakota atau kalimat-kalimat bahasa Inggris. Cara lain adalah meminta siswa secara perorang atau berkelompok atau untuk tampil menyanyikan lagu yang sudah ditentukan di hadapan teman-temannya.  Para siswa pendengar dapat menjadi juri dan memberi masukan atau koreksi selepas penampilan temannya.

Baca juga:  Inquiri, Tingkatkan Belajar Sejarah

Penulis telah mencoba menerapkan pengajaran materi grammar dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas XI.MIPA/IPS di SMA Negeri 14 sebelum masa pandemi Covid-19. Melalui Penerapan metode pembelajaran Grammar bahasa Inggris dengan memanfaatkan medium lagu ini, sebagian besar siswa menyatakan antusias sebab atmosfer kelas menjadi ceria isi materi pelajaran bisa dikuasai. Hal ini menjadi peluang untuk menyampaikan materi pelajaran secara menyenangkan baik bagi guru maupun bagi siswa. Alhasil, Para siswa kelas XI rata-rata meningkat nilainya dan sebagian besar melampaui KKM 70. Peningkatan daya serap siswa terhadap materi karena pembelajaran berlangsung secara lebih menarik dan menyenangkan, dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah, sebab siswa cuma mendengarkan atau menyalin. https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/belajar-bahasa-inggris-lewat-lagu/

 Gatot Tofik Faharuddin, SS

 SMAN 14 Semarang


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya