spot_img
26.1 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Microsoft Power Point, Tingkatkan Minat Belajar Siswa

JATENGPOS.CO.ID,  Pandemi telah membuat proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka di depan kelas, tidak dapat dilaksanakan lagi. Pembelajaran Masa Pandemi menjadi pembelajaran jarak jauh hal ini karena adanya kekhawatiran makin menyebarnya covid 19. Pembelajaran jarak jauh atau daring dimulai sekitar akhir Maret 2020, di mana siswa mulai belajar dari rumahnya masing-masing tanpa harus ke sekolah.

Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin (2015: 18) menyampaikan bahwa pembelajaran daring merupakan program penyelenggaraan kelas pembelajaran dalam jaringan untuk menjangkau kelompok target yang masif dan luas. Pembelajaran daring menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pembelajaran untuk menunjang kualitas pembelajaran yang baik demi keberlangsungan pendidikan. Guru melakukan inovasi dalam pembelajaran di antaranya dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti Whatsapp dan google meet. Selain itu, guru juga menggunakan bahan ajar dan media lainnya dalam penyampaian materi kepada siswa. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah kami, awalnya siswa sangat antusias untuk mengerjakan tugas, siswa sangat aktif bertanya kepada guru melalui Whatsapp Group namun dengan seiring berjalannya waktu siswa sudah mulai bosan belajar di rumah, hanya beberapa yang bertanya sehingga tugas yang dikumpulkan menjadi terlambat dan ada beberapa hasil pekerjaan siswa dituliskan oleh orangtuanya. Dalam proses pembelajaran hendaknya terjalin hubungan yang baik yang bersifat mendidik dan mengembangkan peserta didik.

Baca juga:  Sistem Reward Tingkatkan Motivasi Belajar Biologi

Guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi akan tetapi sebagai figur yang dapat merangsang peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan yang cukup sebagai pengelola dalam proses kegiatan pembelajaran. Guru yang memiliki kemampuan tersebut diharapkan dapat menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang efektif sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa optimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 3 Kendalsari  diperoleh penyampaian materi dari guru kurang bervariasi atau monoton sehingga siswa sudah mulai bosan belajar di rumah, hanya beberapa siswa yang bertanya sehingga tugas yang dikumpulkan menjadi terlambat dan ada beberapa hasil pekerjaan siswa dituliskan oleh orangtuanya. Mengamati kenyataan tersebut, penulis merasakan perlu dilakukan suatu upaya pembaharuan dalam pembelajaran daring di SD Negeri 03 Kendalsari khususnya kelas 2. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memanfaatkan media powerpoint. Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana,2007 PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Baca juga:  Eksperimen Learning Tingkatkan Minat Belajar IPA di SD

Media powerpoint memiliki tampilan yang menarik karena memiliki banyak tema, dapat menyisipkan gambar, audio, video dan animasi sehingga presentasi lebih menarik sehingga membuat siswa lebih termotivasi untuk memahami dan harapannya hasil belajar yang dicapai lebih optimal. Penerapan media powerpoint diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring sehingga hasil belajar juga optimal.

Penerapan power point pada muatan pelajaran PPKn KD Memahami Ketentuan Teks Hidup Rukun di Rumah pada Tema 1 Semester 1 SD Negeri 03 Kendalsari,menarik antusias belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah penggunaan power point. Pemahaman siswapun lebih cepat dibanding hanya menggunakan whatsapp. Pada awal pertemuan, siswa yang mengumpulkan tugas hanya 20 dari 28 siswa. Dengan penggunaan Microsoft power point, seluruh siswa mengumpulkan tugas serta hasil belajar merekapun meningkat pesat. Siswa yang semula hasil belajarnya belum memenuhi KKM, sekarang sudah mencapai KKM bahkan lebih. Dengan demikian, pemilihan Microsoft power point sebagai media belajar tambahan sangatlah tepat. Guru dapat menyampaikan materi yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Farsalia Mailimanti, S.Pd.SD

Guru SDN 03 Kendalsari

Kec. Petarukan, Kab.Pemalang

spot_img

TERKINI