Perubahan sistem belajar yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka ke sistem pembelajaran jarak jauh telah diberlakukan semenjak pandemi covid-19 melanda negara kita, yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona yang sangat mematikan. Dunia pendidikan harus cepat beradaptasi dengan cara belajar ini. Seorang guru harus mampu menguasai teknologi informasi guna melaksanakan proses belajar mengajar.
Ada banyak platform digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Guru bisa memilih platform yang sesuai dengan karakter siswanya. Guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja kepada siswanya, tetapi guru harus mampu memotivasi agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi dalam belajar. Belajar adalah syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam segala hal baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun keterampilan (Ahmad Mudzalir, 1997 : 33)
Sistem pembelajaran jarak jauh yang sudah berlangsung lama membuat siswa semakin malas untuk mengikutinya. Hal ini dapat dilihat pada pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI yang hanya diikuti 75-80%. Ini merupakan tantangan besar bagi guru untuk dapat membuat siswa kembali memiliki semangat belajar yang tinggi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak semangat belajar siswa.
Langkah pertama dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang tujuan dari apa yang sedang dipelajari. Penjelasan ini dapat memacu siswa untuk rajin belajar dalam mencapai tujuan yang ingin dicapainya.
Langkah kedua dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran agar tidak membosankan. Metode pembelajaran yang bervariasi membuat siswa semakin tertarik untuk belajar. Guru juga bisa mengajar dengan cara diskusi langsung melalui aplikasi sehingga siswa merasa seolah-olah sedang belajar tatap muka di ruang kelas dengan guru.
Langkah ketiga dengan memberikan kompetisi bagi siswa. Kompetisi ini dapat membuat siswa tertantang untuk menjadi yang terbaik dikelasnya sehingga secara otomatis siswa akan termotivasi untuk belajar.
Langkah keempat dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan demikian siswa akan lebih fokus pada pelajaran yang sedang diikuti. Media pembelajaran dapat berupa gambar atau video. Dengan melihat gambar atau video, siswa akan mengamati alur materi yang sedang diajarkan.
Langkah kelima dengan memahami hambatan-hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam mengikuti pelajaran. Guru dan siswa berkomunikasi secara aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Seorang guru dapat memberikan bimbingan dan solusi dari masalah tersebut.
Langkah keenam berkomunikasi aktip dengan orang tua. Sebaik apapun metode pembelajaran yang digunakan tidak akan begitu berarti tanpa peran serta orang tua. Siswa yang berada di rumah harus diawasi dan dikontrol secara langsung oleh orang tuanya. Pengawasan yang dilakukan orang tua akan membuat siswa lebih rajin untuk belajar.
Langkah ketujuh dengan melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa dan untuk mengetahui keefektifan metode belajar yang digunakan.
Langkah-langkah tersebut mampu menumbuhkan semangat belajar siswa yang menurun akibat jenuh belajar dari rumah dan tidak adanya interaksi sosial dengan teman-temannya. Hal ini dapat dilihat pada kahadiran siswa yang naik mencapai 85-90%.
Oleh
Moohchin, ST
Guru TITL
SMK Negeri 2 Sragen