24.1 C
Semarang
Jumat, 15 Agustus 2025

Youtube Tingkatkan Keterampilan Pengolahan Ikan dan Daging Pada Mata Pelajaran Prakarya

Masa PPKM masih berlangsung sampai saat ini, banyak harapan siswa, orang tua dan guru untuk segera dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun kondisi alam yang masih harus melaksanakan PJJ secara daring agar penyebaran Covid 19 segera hilang. Media pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 yang menarik dan efektif sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Guru dituntut untuk menggunakan media yang tepat, menarik, efektif dan efisien untuk menyampaikan materi kepada siswa. Sebagaimana ditegaskan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim bahwa pembelajaran dilaksananakan dengan konsep merdeka belajar, artinya guru, siswa, memiliki kebesasan dalam berinovasi dan bertindak, belajar dengan mandiri, kreatif. Media pembelajaran yang menarik, efisien dan efektif salah satunya adalah Youtube.

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video, di aplikasi youtube ini siapapun dapat menggugah video apa saja dan sebanyak apapun. Youtube merupakan salah satu sarana menyampaikan informasi baik pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran Prakarya. Yuotube diartikan sebagai situs media digital (video), yang dapat didownload, diunggah serta dibagikan (share) diseluruh penjuru negeri (Baskoro, 2009). Prastowo (2011) mengemukakan bahwa penggunaan media video pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantaranya (1). video menampilkan perpaduan gambar dan suara; (2). dapat digunakan secara berulang-ulang; (3). dapat menyajikan obyek secara detail sesuai kebutuhan; (4). Dapat menyajikan obyek secara fisik yang bisa dibawa diruang kelas sebagai media pembelajaran. Langkah-langkah guru dalam menggunakan youtube untuk materi pengolahan ikan dan daging (1). Guru menulis diinternet tentang materi yang akan diajarkan, (2).Guru memilih youtube (video) pembelajaran tentang pengolahan ikan dan daging, (3). Guru mendownload video sesuai materi, (4). Guru membagikan video pembelajaran lewat Google Clasroom, (5). Guru meminta siswa untuk mempelajari dan menuliskan pertanyaaan tentang materi yang belum jelas, (6). Guru memberikan tugas kepada siswa menuliskan apa yang ada dalam video pembelajaran untuk mengukur sejauhmana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan..

Baca juga:  Pagi Buku Ceria Strategi Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Setelah menggunakan media pembelajaran Youtube dari hasil pekerjaan siswa kelas 9A Mata Pelajaran Prakarya Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat disimpulkan bahwa siswa antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Dari siswa yang berjumlah 32 hanya 2 siswa (6,25%) yang tidak mengumpulkan tugas sedangkan yang sudah mengumpulkan tugas sebanyak 30 siswa (93,75 %), dan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.  Dari hasil yang dicapai siswa terlihat jelas siswa bertambah aktif dan antusias dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam bidang pengolahan ikan dan daging menjadi makanan yang lebih variatif.

 

Oleh :

Yuliana Harmisih, S.Pd.

Guru SMP Negeri 2 Wirosari Kab. Grobogan


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya