Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa ,termasuk siswa Sekolah Dasar (SD).Keberhasilan pembelajaran IPA ditentukan oleh bagaimana guru dalam merancang proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran di masa pandemi, siswa hanya diberi materi dan penjelasan melalui perantara media elektronik misalnya seperti google meet, whats app, zoom dan media elektronik lainnnya. Pemberian materi dan penjelasan yang dilakukan secara tidak langsung ini pada umumnya akan menimbulkan berbagai masalah dan tergolong kurang efektif. Hal ini dikarenakan tingkatan pemahaman siswa yang berbeda-beda, siswa yang malas untuk bertanya saat pemberian materi dan, kurangnya minat siswa untuk memperhatikan penjelasan guru karena terkesan monoton dan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis sebagai guru kelas 4 SD Negeri 1 Pliken menerapkan beberapa metode yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan  metode pembelajaran melalui eksperimen sederhana. Metode ini digunakan karena terkesan lebih menyenangkan dan tidak monoton. Selain itu menurut sosiologi manusia lebih mudah mengingat hal yang mereka alami atau lakukan sendiri dibandingkan dengan hal yang mereka lihat atau dengar.
Ada beberapa pendapat mengenai apa itu metode ekperimen salah satunya adalah menurut Roestiyah (2001:20), metode eksperimen adalah suatu cara mengajar dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan disampaikan dan dievaluasi oleh guru. Menurut Schoner (dalam palendeng 2003) metode eksperimen adalah metode yang sesuai untuk pembelajaran sains, karena metode eksperimen dapat memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreatifitas secara optimal. Siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep dalam struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupannya.
Dari paparan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa metode eksperimen adalah metode belajar mengajar yang sesuai untuk pembelajaran sains dimana siswa diberi kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreatifitas secara optimal. Hal ini terjadi karena siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan , mengamati prosesnya dan menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan kepada kelas dan dievaluasi oleh guru. Kesempatan untuk melakukan percobaan membuat siswa memiliki kemampuan untuk menyusun konsep dan struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata.
Tujuan metode eksperimen adalah agar siswa mampu menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan yang dihadapi dengan melakukan percobaan sendiri. Selain itu, siswa dapat terlatih dalam cara berpikir yang ilmiah, dengan eksperimen siswa menemukan bukti kebenaran dan teori sesuatu yang sedang dipelajari. Cara ini terbilang lebih efektif karena dapat meningkatkan minat siswa dapat belajar dibandingkan dengan membaca materi maupun mendengarkan penjelasan dari guru.
Prosedur pelaksanaan ekperimen ini dilakukan dengan guru menjelaskan kepada siswa tentang tujuan dan masalah yang akan dibuktikan melalui eksperimen, guru menjelaskan apa saja alat dan bahan yang digunakan pada eksperimen, guru melakukan pengawasan pada saat siswa melakukan eksperimen. Setelah eksperimen guru mengumpulkan hasil eksperimen dan melakukan diskusi terkait hasil eksperimen yang dihasilkan siswa serta melakukan evaluasi terhadap hasil dari eksperimen.
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eskperimen memiliki beberapa kelebihan dibandingkan metode pembelajaran lainnya, antara lain dengan metode eksperimen membuat siswa lebih percaya diri, dapat mendorong siswa untuk membuat terobosan baru, siswa lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan melalui metode eksperimen ini karena terkesan lebih menyenangkan dan tidak monoton dibandingkan dengan hanya mendengar atau membaca saja sehingga minat siswa lebih tinggi untuk menyimak pelajaran.
Oleh
Faizah,S.Pd. SD
Guru SD Negeri 1 Pliken
Kec. Kembaran Kab.Banyumas