spot_img
32.6 C
Semarang
Kamis, 26 Juni 2025
spot_img

Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Blended Learning

            Pembelajaran di era globalisasi menuntut para pendidik untuk berpikir kreatif sehingga  berdampak baik  pada siswa.Siswa di jaman yang serba maju ini bisa dibilang keterampilan di bidang internet lebih maju dibanding para guru – gurunya terlebih para guru yang sudah mendekati purna.Satu tahun kebelakang pembelajaran dilaksanakan secara daring secara jarak jauh ,anak menerima pelajaran melalui HP.Pembelajaran seperti itu membuat anak merasa senang karena merupakan hal yang baru.

Hal yang demikian itu sudah membuat anak menjadi terbiasa dan bahkan merasa sangat senang ketika melaksanakan tugas sehingga setelah paska pandemi kadang seorang guru perlu mengulang cara pembelajaran seperti itu.

Ketika anak mengalami kejenuhan dalam belajar cara – cara modern perlu ditampilkan seperti metode Blended Learning.Metode Blended Learning adalah suatu model pembelajaran yang menggabungkan tatap muka dengan pembelajaran berbasis tehnologi yang mana dapat diakses secara online maupun ofline (Dwiyogo 2012).Pendapat lain juga mengatakan bahwa Blended Learning adalah pembelajaran yang menggabungkan antara metode pembelajaran tatap muka dengan metode pembelajaran berbasis TIK (Vaughan 2007).Bisa dikatakan di sini Metode Blended Learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara metode pembelajaran face to face dengan pembelajaran berbasis TIK.Dengan metode Blended Learning siswa kelas VI SD Negeri 3 Karangwuni Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung menjadi meningkat tajam khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Menyusun Naskah Pidato yang semula KKM hanya tercapai 40 % ,setelah menggunakan metode Blended Learning meningkat menjadi 80 %.Dari bermacam – macam metode tentu saja banyak kelebihan dan kekurangan,seperti halnya metode Blended Learning.Metode ini mempuyai kelebihan diantaranya tidak terbatas ruang dan waktu,lebih fleksibel,efektif,meningkatkan hasil belajar siswa,partisipasi siswa meningkat,terjalin komunikasi dua arah antara guru dan siswa.Diantara banyak kelebihan tersebut tentu juga terdapat kekurangan antara lain ,biaya lebih besar misalnya harus mempunyai HP android yang tentu saja mahal, harus membeli paketan,terkadang tidak ada sinyal dan sebagainya.

            Prestasi belajar tidak lepas dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa ketika proses pembelajaran maupun ketika selesai ulangan.Menurut Gagne (1985;40) prestasi adalah hasil yang dicapai seseorang melalui kegiatan.Sedangkan menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004) belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman.Jadi prestasi belajar yaitu hasil belajar yang dicapai oleh siswa melalui proses pengalaman yang dialaminya.Tahapan – tahapan yang dilakukan dalam metode Blended Learning adalah (1) Fase Seeking Of Information yaitu fase mencari informasi materi dari berbagai sumber online baik dari buku maupun cara penyampaian,(2)Fase Agusition of Informtion yaitu menginterprestasikan dan mengelaborasikan informasi secara manual maupun kelompok,(3) Fase Synthesizing knowledge yaitu menggabungkan beberapa unsur pengetahuan.Pada fase pertama guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran,mempersiapkan siswa untuk mengeksplorasi di kelas maupun secara online.membantu dan mengawasi siswa ketika proses pembelajaran berlangsung.Pada fase yang kedua guru membimbing siswa mengerjakan tugas yang diberikannya dalam diskusi kelompok,guru memberi dukungan kepada siswa agar bisa mengemukakan pendapat baik di kelas maupun secara online,guru mendukung siswa agar berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas,guru membimbing siswa hingga mampu mengkomunikasikan kembali dalam bentuk kesimpulan.Pada fase ketiga guru mendampingi siswa dalam merumuskan hasil diskusi dengan cara mengulas kembali materi yang diberikan.

            Setelah metode Blended Learning ini dilaksanakan beberapa kali ternyata membuahkan hasil yang memuaskan dan siswa pun merasa senang dan tidak merasa dipaksa oleh guru.Dengan metode ini pula anak mempunyai pengalaman baru yang sangat menyenangkan walaupun mengalami beberapa kesulitan,metode Blended Learning membawa siswa kelas VI SD Negeri 3 Karangwuni Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung meningkat besar dari hasil belajar sebelumnya yaitu mencapai rata – rata melebihi KKM.

 

ISTIANAH,S Pd.SD

Guru SD Negeri 3 Karangwuni

Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung

spot_img

TERKINI